-->

Swiss Kembalikan Sisa $ 150 Juta yang Disita Terkait Penipuan Stanford ke AS

Swiss Kembalikan Sisa  $ 150 Juta yang Disita Terkait Penipuan Stanford ke AS

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Pihak berwenang Swiss, Senin (28/12/2020), mengatakan pihaknya akan mengembalikan sisa $ 150 juta ke Amerika terkait dengan penipuan keuangan besar-besaran oleh pemodal asal Texas Allan Stanford, untuk membantu memberi ganti rugi kepada para korbannya. 

Swiss pada tahun 2009 total membekukan sekitar $ 200 juta aset dalam rekening yang terkait dengan pemodal kaya itu, sehubungan dengan penyelidikan AS terhadap skema penipuan keuangan senilai $ 7 miliar. 

Ia dijatuhi hukuman hingga 110 tahun penjara pada Juni 2012 karena skema  tersebut, dan menipu sekitar 30 ribu investor dari 110  lebih negara melalui investasi palsu lewat Stanford International Bank antara 2001 dan 2008. 

Kementerian Kehakiman Swiss (OFJ) dalam pernyataan mengatakan karena ia telah divonis bersalah dan perintah penyitaan AS sudah berlaku, pengembalian penuh dana yang di sita itu ke AS dimungkinkan. 

OFJ juga menambahkan banding yang diajukan terhadap keputusan untuk mengembalikan uang itu ditolak oleh Mahkamah Agung Swiss pada bulan Oktober. 

"Pada akhir Desember, OFJ akan mengembalikan $ 150 juta yang tersisa untuk para korban," kata kementerian itu dan menambahkan mereka telah mengembalikan sekitar $ 50 juta. 

Kasus Stanford menandai salah satu penipuan terbesar di AS, setelah skema piramida senilai $ 65 miliar yang menjerat pemodal Wall Street Bernard Madoff dengan hukuman 150 tahun pada tahun 2009. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel