-->

Nurdin Abdullah Ungkap Pemeriksaan Spesimen di Sulawesi Selatan Capai 4.000 Sampel

Nurdin Abdullah Ungkap Pemeriksaan Spesimen di Sulsel Capai 4.000 Sampel.lelemuku.com.jpg

MAKASSAR, LELEMUKU.COM – Hingga hari ke-280 atau Kamis, 24 Desember 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulsel sebanyak 27.905 orang, sembuh 22.460 orang, dan meninggal 569 orang. Peningkatan jumlah kasus ini juga dibarengi dengan peningkatan jumlah pemeriksaan spesimen untuk diagnosis, hampir dua kali lipat dari sebelumnya.

Seperti halnya pada pemeriksaan 4.061 spesimen hari ini, ditemukan 569 orang. Dengan Rt 1,33. Kejadian dominan di Kota Makassar 293 kasus, Sinjai 49 kasus, dan Gowa 41 kasus. Sebelumnya, pemeriksaan spesimen di kisaran 2.000an sampel perhari.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, menilai, peningkatan kasus yang terjadi karena berbagai pelaksanaan kegiatan, seperti Pilkada.

“Kenaikan kasus ini tentu diakibatkan beberapa event, yang paling dominan adalah faktor Pilkada. Kenaikan kasus ini juga dibarengi dengan kenaikan (pemeriksaan) spesimen. Jadi spesimen kita juga naik dua kali lipat, kalau sebelumnya kami memeriksa 1.200-1.300, sekarang sekarang sudah hampir 4.000,” terangnya, pada acara Outlook Sulsel 2021, di Hotel Gammara, Rabu, 23 Desember 2020 lalu.

Ia mengatakan, pemeriksaan semakin masif karena dikhawatirkan virus mudah menyebar. Semakin ditemukan kasus positif, tentu akan semakin menurunkan angka penularan.

“Mudah-mudahan ini adalah sebuah kegiatan yang akan menyatukan langkah kita. Terutama, memutus mata rantai penularan Covid-19 di Sulsel,” harapnya.

Ia menyatakan, hal yang harus dipahami bersama adalah upaya dalam memutus mata rantai Covid-19. Pengalaman yang ada, Sulsel berada di urutan kelima jumlah kasus Covid-19. Bahkan tertinggi di luar Pulau Jawa.

“Upaya kita dengan memutus mata rantai ini dengan memperbanyak labaratorium dan spesimen. Akhirnya terus terjadi penurunan. Sama sekarang ini, ini dampak dari Pilkada kemarin, kita berharap kasus positif ini menurun,” paparnya.

Dominan kasus positif di Sulsel adalah orang tanpa gejala (OTG). Selain hotel sebagai lokasi karantina yang ada di Sulsel, pada pertemuan ini Nurdin juga menyampaikan, lokasi isolasi akan dibuka di beberapa daerah, bukan hanya di Kota Makassar. (humassulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel