-->

Yonif 744 Kawal Pelaksanaan Tradisi Tahunan Adat Warga Lookeu

Yonif 744 Kawal Pelaksanaan Tradisi Tahunan Adat Warga Lookeu.lelemuku.com.jpg

ATAMBUA, LELEMUKU.COM - Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Personil Pos lookeu berperan aktif dalam kegiatan tradisi acara adat mengenang arwah leluhur yang diselenggarakan oleh masyarakat perbatasan dalam periode 1 (satu) tahun sekali yang bertempat di Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi  NTT (19/11/2020)

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider Khusus 744/SYB, Letkol Inf Alfat Denny Andrian dalam rilis tertulisnya Belu  NTT. Kamis (19/11/2020).

Dikatakannya, Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan budaya, tradisi dan adat istiadat. Dari beberapa keberagaman ras, suku dan etnis tersebut kita akan tertuju pada salah satu acara adat mengenang arwah para leluhur yang menjadi ciri khas dari masyarakat NTT khususnya di daerah perbatasan RI-RDTL.

"Sebelum melaksanakan rangkaian kegiatan acara adat, para tokoh adat yang dipimpin oleh ketua adat Bapak Agustinus Asuk (65) pekerjaan petani datang ke Pos Lookeu untuk meminta izin serta bantuan dalam pengamanan kegiatan acara adat kepada Danpos Lookeu Serka Athop Wichaksono, ditempat yang sama kedatangan dari para tokoh adat langsung disambut dengan baik oleh seluruh anggota Pos." jelasnya

"Setelah tokoh adat menyampaikan rangkaian kegiatan acara adat, Danpos Lookeu kemudian memerintah 4 (empat) orang personel Pos Lookeu yang dipimpin oleh Wadanpos Lookeu Serda Fahrial Maamulu untuk ikut dalam mengawal serta mengamankan prosesi acara adat dari awal sampai dengan selesai." tambahnya

Agustinus Asuk (65) selaku ketua adat mengucapkan terima kasih kepada Danpos beserta anggota pos lainnya yang telah mengawal kegiatab tersebut.

"Acara adat ini dimaksudkan untuk mengenang arwah para leluhur kami, dan saya mewakili seluruh warga sangat berterima kasih atas bantuan dari personil Pos Lookeu Sehingga seluruh prosesi acara adat kami berjalan dengan aman dan lancar" ungkap Agustinus.

Danpos Lookeu Serka Athop Wichaksono mengatakan, TNI sebagai garda terdepan di perbatasan NKRI selain melaksanakan tugas pokoknya untuk menjaga kedaulatan negara juga berperan aktif dalam berbagai bidang kemasyarakatan termasuk dalam hal pelestarian adat istiadat.

"Semoga kegiatan prosesi acara adat istiadat tersebut dapat menjadi wadah untuk lebih mempererat ikatan persaudaraan antara prajurit TNI di perbatasan dengan seluruh lapisan masyarakat didalamnya." harapnya (Pendam9)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel