-->

Thaher Hanubun Promosi Tradisi Wer Warat, Cara Menangkap Ikan di Kepulauan Kei

Thaher Hanubun Promosi Tradisi Wer Warat, Cara Menangkap Ikan di Kepulauan Kei.lelemuku.com.jpg

LANGGUR, LELEMUKU.COM - Ada banyak metode menangkap ikan. Ada yang memancing, menjala, menombak ikan, hingga membuat lingkaran di laut. Cara mencari ikan di luat dengan membuat lingkaran ini merupakan tradisi suku Kei yang tinggal di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan Kota Tual.

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun mengatakan tradisi menangkap ikan bernama wer warat ini harus dilestarikan dan berpotensi menjadi daya tarik wisata.

"Kearifan lokal wer warat mesti dilestarikan supaya bermanfaat untuk mempromosikan daerah, khususnya dalam bidang pariwisata di kancah nasional maupun internasional," kata Thaher melalui keterangan tertulis yang diterima Tempo, saat menghadiri sekaligus turut serta dalam tradisi wer warat di Desa Soinrat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara.

Wer warat atau tarik tali adalah tradisi menangkap ikan dengan memanfaatkan rotan yang dililit janur kuning dari pohon kelapa. Beberapa orang membentangkan rotan yang terlilit janur tadi dari pesisir pantai ke tengah laut.

Bentangan tersebut kemudian ditarik ke arah darat hingga membentuk lingkaran. Dari lingkaran tersebut, masyarakat membentuknya menjadi lingkaran kecil, sehingga mengarahkan ikan yang sudah berada di dalam lingkaran masuk ke satu tempat yang sudah disiapkan, yakni sero. Dari sero ini masyarakat tinggal mengambil ikan yang terjerat rotan tadi.

Thaher meyakini tradisi wer warat mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancenagara asalkan dikemas dengan menarik. Selain atraksi wer warat, wisatawan yang datang ke Desa atau Ohoi Soinrat juga dapat menikmati keindahan air terjun di sana.

Semua potensi pariwisata ini, Thaher melanjutkan, seharusnya menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat.

"Dengan begitu masyarakat semakin sejahtera," ucapnya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel