-->

Presiden Terpilih Amerika Serikat 2020, Joe Biden Merayakan Ulang Tahun ke-78

Presiden Terpilih Amerika Serikat 2020, Joe Biden Merayakan Ulang Tahun ke-78.lelemuku.com.jpg

WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, Jumat (20/11/2020), merayakan ulang tahunnya yang ke-78.

Biden terpilih menjadi anggota Senat pada 1972, dalam usia 29 tahun. Beberapa minggu kemudian, terjadi tragedi mengenaskan. Istri dan putrinya yang masih balita tewas dalam kecelakaan mobil. Dua putranya luka serius. Biden sempat mempertimbangkan untuk mundur dari Senat, tetapi akhirnya ia memutuskan tetap bekerja.

Biden kemudian menghabiskan 35 tahun di Capitol Hill, bekerja di Komite Hubungan Luar Negeri Senat dan menjadi suara berpengaruh dalam berbagai isu kebijakan luar negeri.

Biden bertemu dengan banyak tokoh politik dunia, termasuk mantan presiden Chechnya Vaclav Havel. Ia juga melakukan berbagai misi diplomatik yang membawanya bertemu dengan banyak kepala negara dan juga warga biasa.

Biden dua kali mencalonkan diri dalam pemilihan presiden, termasuk pada t2008. Namun keduanya gagal. Ia mundur setelah Kaukus Iowa. Namun, calon presiden Barack Obama ketika itu memilihnya menjadi calon wakil presiden karena pengalamannya yang beragam dan sikapnya yang menarik perhatian orang.

Pengusaha real-estat yang kemudian menjadi bintang televisi realitas, Donald Trump, dalam sebuah pesta di Hollywood pernah dimintai pandangan tentang nominasi Joe Biden sebagai calon wakil presiden pada 2008. Jawabannya standar. “Ini merupakan pilihan yang tidak biasa dan banyak orang menilai ini akan menarik. Kita lihat saja apa yang akan terjadi.”

Wakil presiden Joe Biden melanjutkan tugas-tugas diplomatiknya pada masa pemerintahan Obama. Masa jabatan Obama sebanyak dua kali diikuti dengan kemenangan Trump yang mengejutkan sebagai calon presiden Partai Republik.

Tim kampanye Trump menuding Biden menggunakan koneksinya di Ukraina untuk memperluas bisnis putranya lebih jauh.

Dalam debat presiden terakhir, Trump mengklaim bahwa putra Biden, Hunter, menerima gaji dalam jumlah besar dari sebuah perusahaan Ukraina. Biden menanggapi bahwa tuduhan itu sudah berulang kali diselidiki dan tidak ada satu pun kaitan yang menunjukkan bahwa Hunter bersalah.

Penyelidikan Senat pimpinan Partai Republik tidak mendapati adanya pelanggaran di pihak Biden terkait Ukraina.

Lebih dari 30 tahun di Senat, Biden telah berdinas dalam beragam kapasitas, tidak saja sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat, tetapi juga kepala Komite Kehakiman – dengan yurisdiksi atas aturan hukum, nominasi Mahkamah Konstitusi dan kasus-kasus konstitusional lainnya.

Biden berjanji untuk membawa Amerika ke jalur yang sama sekali berbeda dari apa yang sudah dilihatnya dalam empat tahun sekali kepemimpinan Trump, pada isu yang beragam dari soal pandemi virus corona dan layanan kesehatan, hingga lingkungan hidup, pendidikan dan kebijakan luar negeri.

Biden mendukung strategi melawan ekstremis militan di luar Amerika bersama pasukan khusus dan serangan udara dibanding mengerahkan pesawat terbang yang dipadati tentara.

Ia ingin agar Amerika menutup fasilitas penahanan di Guantanamo Bay. Ia juga mendukung sebagian intervensi militer Amerika, termasuk invasi Irak 2003 yang hingga kini dinilainya sebagai kesalahan. Namun, ia condong pada diplomasi dan berupaya mencapai solusi lewat aliansi dan institusi global.

Biden adalah pendukung kuat NATO. Ia mengingatkan bahwa Rusia kini sedang berusaha merusak fondasi demokrasi dengan berupaya melemahkan NATO, memecah belah Uni Eropa dan merongrong sistem pemilihan presiden di Amerika.

Persiapan sedang dilakukan untuk pelantikan Biden pada 20 Januari nanti, tanggal yang ada dalam Konstitusi Amandemen Amerika yang ke-20.

Ketika Jill Biden yang berusia 69 tahun menjadi ibu negara Amerika mendatang, ia akan menjadi ibu negara pertama yang terus menjalankan karier profesionalnya. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel