-->

Pengamanan Pulau Terluar, Petrus Fatlolon Minta Agus Rohman Tambah Koramil di Tanimbar

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH meminta penambahan Komando Rayon Militer (Koramil) di daerah dengan 10 kecamatan yang berbatasan langsung dengan Australia.   

Hal itu ia ungkapkan kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P., M.I.P saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) pengawasan wilayah kategori pulau kecil terluar, termasuk di Tanimbar.

Menurut Bupati Fatlolon saat ini Kodim 1507/Saumlaki hanya memiliki tiga Koramil, diantaranya Koramil 1507-01/Larat, Koramil 1507-02/Saumlaki dan Koramil 1507-07/Selaru yang belum secara maksimal bisa menjangkau seluruh wilayah dengan luas lebih dari 4 juta km persegi dan memiliki lebih dari 200 pulau serta pengamanan menyambut beroperasinya Blok Masela.

Kami mohon agar bapak bisa menambah koramil sesuai jumlah kecamatan, sehingga bisa membantu tugas-tugas TNI di kecamatan bersama para camat dan kapolsek di setiap kesempatan,” pinta dia saat acara ramah tamah dan jamuan makan malam bersama  pada Rabu, 04 November 2020.


Menanggapi itu, Agus Rohman mengatakan bahwa apa yang diusulkan oleh Bupati Fatlolon merupakan masukan bagi dirinya dan memastikan akan dilanjutkan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Phil., Ph.D.

Ia menjelaskan dirinya baru saja meresmikan Kodim 1511/Pulau Moa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang merupakan pecahan dari Kodim Saumlaki dengan empat koramil dan rencananya secara bertahap akan meresmikan sekitar 11 Kodim di Maluku dan Maluku Utara (Malut).

Agus Rohman pun meminta agar seluruh masyarakat Tanimbar bersabar dan berdoa agar pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) segera berakhir, sehingga perekonomian di Indonesia bisa kembali normal.

Tentu saja ini sebagai bahan masukan kepada kami untuk dilanjutkan kepada pimpinan, pak kasad. Ini tidak bisa sekaligus, kita kerjakan step by step, tergantung dari kondisi anggaran kita. Apalagi saat ini kita fokuskan untuk penganggaran COVID-19, supaya masyarakat di Indonesia sehat semua,” jawab Pangdam.


Selanjutnya, acara berlanjut dengan saling bertukar pemberian cenderamata dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar dan Kodam Pattimura.

Sementara itu, Pangdam Agus Rohman didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XVI/Pattimura, Dra. Ati Herati Agus Rohman dan rombongan mengunjungi Tanimbar pada Selasa, 03 November 2020 hingga Kamis, 05 Oktober 2020.

Dengan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya berangkatkan Satgas Pengamanan Pulau Terluar, Tutup Latihan Pratugas Yonif 734/Satria Nusa Samudera, Pengarahan Kepada Anggota Korum dan Persit Yonif 743/SNS dan Peninjauan Fasilitas Yon Komposit.

Datangi Kantor Persit Kodim Saumlaki dan Yonif 734/SNS, mengunjungi penenun tradisional Tais atau Tenun asal Tanimbar, Pengukir Patung Walut Tanimbar di Desa Tumbur, Tatap muka TNI dan Polri, Pemkab Tanimbar, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta rekreasi ke salah satu destinasi wisata Pantai Sembunyi di Desa Olilit. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel