-->

Juaini Ungkap Dinas SDA Jakarta Target 5 Ribu Drainase Vertikal Antisipasi Banjir

Juaini Ungkap Dinas SDA Jakarta Target 5 Ribu Drainase Vertikal Antisipasi Banjir

JAKARTA, LELEMUKU.COM -Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Juaini mengatakan tengah membangun vertikal drainase untuk mengantisipasi banjir. Targetnya, kata dia, sebanyak 5 ribu vertikal drainase dibuat tahun ini.

“Kami jalan terus, sekarang perkiraan sudah tiga ribuan,” kata Juaini saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis, 12 November 2020.

Menurut Juaini, pembangunan itu akan dilanjutkan tahun 2021 jika tidak berhasil dirampungkan tahun ini. Dinas SDA, kata dia, rencananya bakal mencari vendor baru yang dapat mengerjakan lebih banyak lagi drainase vertikal. “Jadi, di awal tahun vendor lebih banyak. Kemungkinan juga nanti ada kerja sama hibah dengan masyarakat,” tutur dia.

Selain itu, dalam persiapan antisipasi banjir, Dinas SDA juga tengah mengeruk 30 waduk di Ibu Kota. Mereka juga telah menyiagakan 178 pompa air, 19 pompa mobile, dan 65 pompa apung manakala dibutuhkan saat banjir. “Ini kondisinya 90 persen sudah diservis. Sisa 10 persen. Lagi kami perbaiki. Pompa mobile juga sama seperti itu,” ucap Juaini.

Dengan persiapan tersebut, Juaini optimistis jika terjadi banjir lokal di Jakarta akan surut dalam waktu kurang dari enam jam. Namun, kata dia, beda halnya jika banjir tersebut bersifat kiriman atau terjadi di daerah yang kontur tanahnya cekung.

Banjir, lanjut Juaini, akan surut lebih lama dari 6 jam. “Kalau airnya meluap karena banjir kiriman, tentunya kita makan waktu lagi. Kalau di cekungan kan airnya harus dipompa, tidak bisa mengandalkan gravitasi,” tuturnya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel