-->

Inilah Kesepakatan 4 Tokoh Adat dan Pemuda di Papua, Audit Otsus dan Lanjutkan

Inilah Kesepakatan 4 Tokoh Adat dan Pemuda di Papua, Audit Otsus dan Lanjutkan

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Empat Tokoh Adat Papua bersama Tokoh Pemuda dari lima Wilayah Adat di Papua meminta Otsus Papua terus dilanjutkan dan pemerintah pusat melaksanakan audit secara keseluruhan penggunaan dana Otsus untuk Provinsi Papua. 

Hal ini disepakati bersama dalam rapat tertutup Forum Suara Adat Papua yang dilaksanakan di Koya Koso, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (25/11/2020). 

Perwakilan dari Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Nabire Socrates Sayori, Kepala Suku Besar Keerom (Wii-Kaya) Herman Yoku, Tokoh Adat Saireri di Jayapura Niko Mauri dan Kepala Suku Wilayah Lapago di Tanah Tabi Yulius Kogoya. 

Selain itu hadir Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Papua Albert A Kabiay, Wakil Ketua Masyarakat Adat Lapago Atinus Wakur, Wakil Ketua Ampera Eduardo Rumatrai, Tokoh Pemuda Lapago Meniron Wenda, Tokoh pemuda Lapago Oplinus Lambe dan sejumlah tokoh lainnya.

Mengingat dana Otsus yang sudah di gelontorkan oleh pemerintah pusat cukup besar, terhitung mulai tahun 2002 kurang lebih sekitar 127 Triliun, maka semua tokoh yang hadir dalam Forum Suara Adat Papua tersebut sepakat untuk pemerintah pusat melakukan audit.  

Herman Yoku mengatakan bahwa pemerintah melalui Undang-Undang No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua sudah diterima baik oleh masyarakat Papua terlepas saat sekarang ini ada berbagai macam persoalan yang terjadi.

"Penolakan itu biasa, tapi saya mau katakan tolak baru minta referendum itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Prosesnya panjang dan melalui sidang-sidang dan lainnya sampai ke PBB. Tapi ini yang di depan mata, kita harus fikir untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua," ujar Herman Yoku.

Lanjutnya, Pelaksanaan Otsus selama ini penting untuk dilakukan audit secara keseluruhan, hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat Papua dan tentunya sebagai bahan evaluasi supaya penggunaan dana Otsus ke depan bisa lebih baik dan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

"Harus diaudit menyeluruh supaya rakyat tahu di mana berhasil dan tidaknya. Selain itu menjadi bahan rujukan perbaikan kedepan," katanya.

Sementara itu, Niko Mauri sebagai salah satu pelaku sejarah Otsus tersebut mengungkapkan bahwa perjuangan pendahulu sehingga turunnya Otsus tersebut hendaknya menjadi perhatian bersama supaya tujuan awal dari Otsus itu lahir bisa tercapai, perbedaan pandangan hendaknya disingkirkan untuk kemajuan Tanah Papua.

"Otsus adalah berkat bagi Papua, untuk kemajuan dan kemakmuran Papua. Mari kita yang hadir dan banyak Tokoh di Papua ini sudah berumur. Sehingga sepantasnya kita letakkan pondasi jembatan emas yang baik untuk generasi muda kita. Sehingga nantinya generasi kita ini tidak bingung melangkah, meraba-raba," ucapnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Socrates Sayori, sebelum Otsus dilanjutkan audit harus dilakukan. 

"Kita harus tegas meminta audit Otsus. Jangan kita memelihara kesalahan-kesalahan yang besar, karena kalau kita lakukan itu maka kita akan mati bersama," tegasnya.

Socrates mengaku sebagai tokoh adat Seireri 2 (dua) tidak pernah menolak Otsus. Meski ada 6% dana untuk adat, dan tidak tahu penggunaannya.

"Dana untuk adat tidak jelas kemana, padahal 6 persen hak untuk adat. Namun karena ini adalah Undang-Undang maka tidak bisa dihentikan, yang ada adalah dievaluasi dan lanjutkan," jelasnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan pernyataan sikap para Tokoh Adat dan Pemuda, isinya meminta pemerintah melakukan audit secara menyeluruh penggunaan dana Otsus di Papua serta melakukan evaluasi atas seluruh program Otsus di Papua dan tentunya Otsus untuk Provinsi Papua tetap dilanjutkan.(Noci) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel