-->

Etimologi Protestan

Hari ini (31 Oktober 2020), 503 tahun yang lalu (1517) Martinus Luther melakukan aksi yang akhirnya disebut Reformasi Gereja. Aksi itu biasanya disebut PROTES.

Tahukan anda apa arti PROTES?

Secara etimologi ( pengertian berdasakan asal usul kata,) kata tersebut merupakan kependekan dari kata bahasa Latin yaitu "Pro Testanum", Inggris "Pro Testament." Pro bisa diartikan memihak, memilih untuk atau kepada. Sementara Testanum, atau yang bahasa Inggrinya, Testament berarti Perjanjian. Kata yang menunjuk pada Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru).

Jadi, aksi protes yang dilakukan Martinus Luther pada 31 Oktober 1517 saat itu adalah sebuah ajakan untuk kembali kepada Alkitab. Aksi tersebut bisa disebut sebagai tindakan yang Dogmatis Alkitabiah dan bukan aksi yang tidak berdasar atau sekedar gerakan melawan.

Hari ini, banyak dari kita yang hanya sekedar mengartikan kata protestan sebagai kata yang bermakna "tukang protes," atau aksi tidak setuju dengan apa yang ada. 

Kata Protes juga menjadi sebuah kosa kata yang diartikan oleh "orang lain" sebagai tindakan keluar dari ajaran gereja resmi saat itu. Inilah juga yang menjadi alasan Agama Kristen Protestan disebut sebagai orang-orang yang tukang protes.

Ingat, Protestan berarti memihak pada Alkitab. Sebuah tindakan yang harus didasarkan pada nilai-nilai Rohani, nilai-nilai yang diakui sebagai Dogma yang semuanya bersumber dari Tuhan dan tercatat dalam Alkitab.

Jadi janganlah menganggap kata Protestan sebagai kata biasa-biasa saja. Itu kata yang menunjuk pada ikatan perjanjian antara Tuhan dan manusia, yang sekaligus menandakan bahwa mereka yang mengakui dirinya sebagai Protestan harus menunjukkan sikap hidup yang  sesuai dengan isi Alkitab.

Selamat merayakan Hari Reformasi Gereja yang ke 503 tahun, maknailah dan lakukan.


Pdt. Umbu Akwan
Pendeta Gereja Kristen Injili di Tanah Papua dan Dosen Misiologi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) GKI I. S Kijne Jayapura 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel