Nature

Andi Ilham Taher Imbau Masyarakat Tanimbar Waspada Potensi La Nina hingga Mei 2021

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Stasiun Meteorologi Mathilda Batlayeri di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Andi Ilham Taher, S.T mengimbau kepada masyarakat Tanimbar untuk mewaspadai potensi bencana La Nina yang akan melanda seluruh wilayah Indonesia, termasuk Tanimbar pada akhir tahun 2020 hingga di bulan Mei 2021.

Menurutnya dampak La Nina dapat memicu curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal yang diakibatkan adanya anomali negative suhu muka air laut yang akan berdampak terjadinya aliran massa udara basah yang kuat dari arah Samudera Pasifik bagian tengah Ekuator menuju Kepulauan Indonesia.

“La Nina akan melanda seluruh wilayah Indonesia, termasuk Kepulauan Tanimbar,” ujar dia kepada Lelemuku.com pada Rabu, 21 Oktober 2020.

Andi menambahkan berdasarkan peta kondisi La Nina, pada bulan September, Oktober dan November ini telah menunjukan curah hujan bulanan semakin besar bahkan semakin melampaui 40 persen.

Ia pun kembali mengingatkan masyarakat di daerah kepulauan itu untuk berhati-hati terhadap kondisi hujan di atas normal pada bulan Desember 2020 hingga Maret 2021 depan.

“Untuk Kepulauan Tanimbar waspada puncak curah hujan tertinggi di bulan Mei 2021,” tambahnya. (Laura Sobuber)  

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...