-->

51 Warga Komplek Lalang Grand Land II Sunggal Donor Darah ke PMI Deli Serdang

51 Warga Komplek Lalang Grand Land II Sunggal Donor Darah ke PMI Deli Serdang.lelemuku.com.jpg

MEDAN, LELEMUKU.COM -  Sebanyak 51 orang warga komplek perumahan Lalang Grand Land II Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara (Sumut) melakukan donor darah, dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di perumahan tersebut, Kamis (29/10/2020).

Ketua perkumpulan warga Lalang Grand Land II Rudi Gusnadi didampingi Sekretaris Andi Gunawan dan Kepala Dusin III Desa Payageli Mawan mengatakan, kegiatan donor darah yang diadakan atas kerjasamanya dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Deli Serdang,.

 Bakti sosial ini kami lakukan semata mata sebagai misi kemanusiaan di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid 19 saat sekarang ini. Selain itu juga untuk menyemarakkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober," jelasnya.

Menurut Rusi Gusnadi, donor darah selain untuk membantu orang lain yang membutuhkan darah, juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh si pendonornya, diantaranya
menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

"Bahkan donor darah juga dapat menurunkan kolestrol, menurunkan risiko penyakit kanker,  merawat kesehatan organ hati dan menurunkan berat badan, " tambahnya.

Sekretaris perkumpulan warga Lalang Grand Land II Sunggal, Andi Gunawan juga menimpali, bahwa donor darah juga dapat mendektlsi dini penyakit serius, meningkatkan produksi darah, membantu mempercepat luka, mencegah penuaan dini dan membuat pikiran lebih bahagia.

"Yang jelas kita mendapat pahala karena membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan dapat digunakan oleh orang yang membutuhkan pertolongan," timpal Andi Gunawan seraya menyebutkan dalam giat kali ini berhasil mengumpulkan 51 kantong darah dari 51 warga komplek pendonor.

Sementara itu, pihak PMI Cabang Deli Serdang dr Lili Indah Sari Siregar dan Humasnya  Abdi Lesmana mentungkapan, bank darah PMI Cabang Deli Serdang masih mebutuhkan stok darah untuk menolong orang otang yang membutuhkan.

"Stok di bank darah PMI mulai berkurang. Kurangnya ketersediaan darah disebabkan karena rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya ditambah lagi dengan masih berlangsungnya pandemi Covid 19 ini. Banyak kegiatan yang tutup selama pandemi berimbas pada kegiatan donor darah," ujar mereka seraya menghimbau agar mayarakat dapat mendonorkan darahnya secara rutin per tri wulan. (Avid)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel