Rayakan HUT Farmasi Sedunia Tahun 2020 Wujud Eksistensi Ikatan Apoteker Indonesia di Tanimbar - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Rayakan HUT Farmasi Sedunia Tahun 2020 Wujud Eksistensi Ikatan Apoteker Indonesia di Tanimbar

 


SAUMLAKI, LELEMUKU.COMMomen Hari Ulang Tahun (HUT) Farmasi Sedunia pada 25 September 2020 yang diperingati oleh Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Provinsi Maluku dengan Tema Sentral ‘Bijak Menyikapi Informasi dan Membeli Obat Secara Online. Tanyakan Apoteker’ menjadi wujud eksistensi organisasi profesi tersebut yang telah dibentuk sejak bulan Februari 2019 lalu.  

“Kami baru dibentuk bulan Februari tahun lalu di Ambon, awalnya kami apoteker masih sedikit jadi kami dibawa Maluku Tenggara. Tetapi saat ini jumlah kami sudah 15 orang, sehingga sudah dapat ijin untuk berdiri sendiri bentuk cabang Tanimbar dan tidak dibawa Malra lagi,” ungkap Ketua Ikatan Apoteker Cabang Tanimbar, Candra Utukamam, S.Si. Apt kepada Lelemuku.com.

Ia mengatakan kehadiran organisasi apoteker untuk mendorong peran dan kegiatan apoteker yang merupakan tenaga kesehatan profesional yang berpraktek di bidang farmasi dalam meningkatkan kesehatan secara khusus di Tanimbar.


Candra ingin kedepan pihaknya bekerjasama dengan tenaga kesehatan lainnya dalam berjuang untuk menekan angka kesakitan dan kematian karena penyakit di masyarakat, secara khusus menjadi garda terdepan cegah penyebaran Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) saat ini.

“Kami hadir untuk mendukung tugas pemerintah, dalam hal ini teman-teman yang berada di rumah sakit dan puskesmas yang mengolah obat-obat, pengadaan sampai penyimpanan dan pengedaran harus kepada masyarakat. Selain itu kami juga akan amankan apotek atau toko obat dalam penjualan obat,” tuturnya

Kepala Dinas Kesehatan selaku Penasehat Ikatan Apoteker Cabang Tanimbar, dr. Edwin Tomasoa mengatakan organisasi profesi apoteker merupakan salah satu tiang penyangga kesehatan di daerah dan harus bergandengan tangan menjalin kemitraan dengan organisasi profesi lainnya di bawa payung dinas kesehatan untuk bersinergi membangun Tanimbar. Tomasoa juga meminta organisasi itu untuk menyusun program kerja guna menambah kualitas anggota dan pengabdian di masyarakat.

“Pertama-tama selamat ulang tahun untuk teman-teman apoteker. Tentunya dalam perjalannya ada hambatan dan kendala untuk mewujudkan hal-hal tersebut, tapi tidak masalah yang penting punya komitmen untuk kerja yang baik sambil jaga etika profesi masing-masing, itu sudah cukup bagus,” ucap dia.


Selanjutnya sebagai mitra kerja, Kepala Badan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Tanimbar, Stepanus Simon Sesa berharap Ikatan Apoteker Tanimbar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang budaya sadar obat dengan melakukan Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang (Dagusibu) obat dengan tepat.

“Apoteker bisa beri edukasi ketika melayani pemberian obat kepada masyarakat baik di puskesmas, apotik bahkan di kehidupan sehari-hari. Disamping tentu teman-teman apoteker atau farmasi ini bisa menjadi mitra kerja kami dalam pelayanan agar masyarakat mendapatkan betul-betul obat yang bermutu,” kata dia.

Hal yang sama pun diutarakan oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Operasional Tanimbar, Firman Syah. Ia berharap Ikatan Apoteker Tanimbar dapat memastikan ketersediaan obat yang sering menjadi kendala peserta BPJS Kesehatan di daerah itu.

“Selama ini masih banyak permasalahan yang timbul karena keterbatasan obat baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Semoga kendala-kendala ini dapat teratasi bersama antara kerjasama yang baik BPJS kesehatan dan organisasi seprofesi maupun dinas kesehatan dan fasilitas kesehatan,” sebut Firman.


Dalam memperingatan HUT Farmasi Sedunia yang digelar di Halaman Kantor Dinkes itu diawali dengan senam sehat bersama, pembagian doorprize dan pemotongan tumpeng yang dihadiri oleh seluruh staf Dinkes, Badan Loka POM, BPJS Kesehatan dan anggota Apoteker Tanimbar.

Selain acara puncak, Ikatan Apoteker pun menggelar lomba vlog berdurasi 7 menit dan berisi pesan Dagusibu Obat dengan Tema ‘Gerakan Masyarakat Tanimbar Cerdas Menggunakan Obat (Gemat Cermat).

Video dapat langsung dikirimkan melalui email tkepulauantanimbar@gmail.com sejak 15 September hingga 1 Oktober 2020 dan pengumuman lomba akan dilakukan tepat pada perayaan HUT Kabupaten Tanimbar yang ke-21 pada 4 Oktober 2020. Lomba ini didukung penuh oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Pentury Fatlolon, SP.

“Semoga apoteker Tanimbar dapat mendukung visi dan misi Pemda, yaitu menjaga Tanimbar tetap sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri. Saya kembali mengajak seluruh masyarakat Tanimbar dari Molumaru sampai ujung Selaru untuk mengikuti lomba vlog. Ayo cepat daftarkan diri anda, Indonesia sehat, Tanimbar Sehat,” Ajak Ny. Joice.  (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...