Puncak HUT GPM ke-85 Jadi Momen Refleksi Diri Jemaat Saumlaki - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Puncak HUT GPM ke-85 Jadi Momen Refleksi Diri Jemaat Saumlaki


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menjadikan momen Hari Ulang Tahun (HUT) GPM yang ke-85 pada Minggu (06/09/2020) sebagai waktu untuk kembali merefleksikan diri. 

Hal itu disampaikan oleh Pelayan Fiman, Pdt. H. R. Tupan, M.Th dalam puncak HUT yang digelar di Taman Kota Saumlaki melalui Firman Tuhan sesuai tema sentral ‘Menjadi Gereja yang Menghamba Allah’ yang terambil dari kitab 1 Petrus 5:1-11. 

Saya mau ajak kita masuk di dalam perenungan di malam hari ini. Sebab 85 tahun kita bersekutu sebagai GPM, bergumul dalam jatuh bangun kita sebagai gereja di pulau-pulau, bukit-bukiyt, gunung-gunung, 15 tahun lagi GPM jadi satu abad. Intinya bahwa reflkesi hari ini kita harus rasakan 85 tahun sudah jadi apa dan mau jadi apa kita GPM? Atau ‘Beta GPM’ hanya sebuah slogan saja,” tutur dia. 

Tupan meminta seluruh jemaat untuk mengingat kembali setiap peristiwa di masa lalu yang menggambarkan campur tangan Tuhan dalam hidup sebagai cerminan orang percaya tetap setia dan taat di tengah tantangan hidup, seperti saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Setelah kita bersyukur atas segala perjalanan hidup kita, titik refleksi yang kedua adalah ingat untuk menempatkan kualitas, pikiran kita, jiwa dan raga kita yang membuat kita betul-betul mengenang kembali merasakan lagi kasih Tuhan,” pintanya.  

Selepas itu Ketua GPM Klasis Tanimbar Selatan (Tansel), Pdt. Lenny Rangkoratat Bakarbessy, S.Th saat membacakan pidato Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM ke-85 yang mengajak semua masyarakat untuk mengenang para pelayan yang telah terlebih dahulu berpulang ke hadirat Tuhan dan bersyukur atas penyertaan Tuhan melewai masa sulit pandemi. 

“Wujudkanlah pembaharuan hidup seperti tema HUT kita. Mari layanilah seorang kepada yang lain sebagai saudara, kita bekerja saling melindungi, bekerja saling bahu-membahu di tengah pandemi ini,” ajak Lenny.

Dalam sambutan Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH yang disampaikan Pj. Sekda Tanimbar, Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM berharap masyarakat Tanimbar mendoakan GPM agar selalu diberkati menjadi gereja yang menhamba kepada Allah dan tetap setia menanam serta menyiram benih-benih injil di Tanah Maluku dan Maluku Utara (Malut) termasuk Tanimbar.

“Allah yang akan memberikan pertumbuhan, sehingga kuasa-Nya nyata bagi semua umat ciptaan-Nya. Dirgahayu GPM yang ke-85, Allah yang memberi hidup senantiasa memberkati dan melindungi kita semua dalam tugas-tugas pelayanan bagi jemaat dan masyarakat di Tanah Tanimbar,” harapnya. 

Acara berlanjut dengan pemotongan kue  ulang tahun oleh Ketua GPM Klasis Tansel Lenny dan Ketua Majelis Jemaat GPM Saumlaki Pdt. Ny. A. Ch. A. Sabono, S.Th. Kue itu diberikan kepada Pj. Sekda Moriolkossu, Ketua DPRD Tanimbar Jaflaun Batlayeri, SH, Ketua TP-PKK Tanimbar, Joice Pentury Fatlolon, SP, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanimbar Hj. Tamsil Herman, perwakilan pelayan dan umat Jemaat GPM Saumlaki.

Acara berakhir dengan pengumuman dan penyerahan hadiah lomba membuat Kue HUT GPM dengan pangan berbahan lokal yang dimenangkan oleh Sektor III dengan total nilai 253 dan mendapat hadiah piala, uang senilai Rp1.500.000  dan uang pembinaan Bupati Tanimbar senilai Rp2.000.000.

Juara kedua adalah sektor XVI dengan total nilai 249 dan mendapat hadiah piala, uang senilai Rp1.000.000 dan uang pembinaan Bupati Tanimbar senilai Rp1.500.000. Setelah itu juara III dari sektor XVIII dengan total nilai 242 dan mendapat hadiah piala, uang senilai Rp7500.000 dan uang pembinaan Bupati Tanimbar senilai Rp1.000.000. 

Sementara itu setiap peserta lomba pun mendapat uang pembinaan senilai Rp500.000 dari Bupati Fatlolon dan Rp250.000 dari Panitia Hari Besar Gerejawi (PHBG) Jemaat GPM Saumlaki. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...