HUT GPM ke-85, Jemaat Saumlaki Ajak Masyarakat Tanimbar Kreatif Olah Pangan Lokal Jadi Kue - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

HUT GPM ke-85, Jemaat Saumlaki Ajak Masyarakat Tanimbar Kreatif Olah Pangan Lokal Jadi Kue

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Protestan Maluku menggelar lomba yang sangat unik dan kreatif, yaitu membuat kue Ulang Tahun (Ultah) berbahan pangan lokal sebagai bentuk ajakan untuk mengkonsumsi pangan yang kaya dengan kandungan gizi yang seimbang itu.

Lomba yang digelar di Gazebo Balai Pembinaan Umat (BPU) Sejahtera dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) GPM yang ke-85 pada Minggu (06/09/2020) dan turut melibatkan sebanyak 20 peserta dari masing-masing sektor di jemaat yang berlokasi di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) itu. 

“Ini adalah kegiatan yang positif, mari ibu-ibu kita tunjukkan kebolehan kita untuk melestarikan pangan lokal kita,” ajak Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Pentury Fatlolon, SP saat membuka kegiatan pada Sabtu (05/06/2020). 

Lomba yang terdiri dari dua orang peserta kaum ibu di setiap sektor itu berlangsung dengan penuh kemeriahan. Waktu yang diberikan adalah 40 menit untuk menghiasi kue yang telah disiapkan. Selepas itu, para juri yang terdiri dari Ketua TP-PKK Ny. Joice, Pakar Pangan Lokal Agus Retop dan Anggota PKK Ny. Ayu melakukan penilaian dari segi penampilan dan cita rasa.  

“Kue ini bahannya kasbi atau singkong dan kami membuatnya menjadi kue berwarna ungu dengan petatas ungu,” kata salah satu peserta dari sektor 10. 

Kegiatan pun berakhir dengan kunjungan para juri ke masing-masing peserta guna mencicipi kue yang telah disajikan. Hasil dari pemenang lomba akan diumumkan pada acara Puncak HUT GPM ke-85 di Taman Kota Saumlaki.


Sebelumnya Ketua Panitia Hari Besar Gerejawi (PHBG) Jemaat GPM Saumlaki, Brampi Moriolkosu, SH mengungkapkan jika pihaknya pun telah merencanakan untuk membuat lomba yang sama dan disiarkan secara langsung di salah satu kanal TV lokal agar bisa memberi lebih dampak positif bagi masyarakat di daerah itu. 

“Peserta lomba hias kue dari sektor 1 sampai 20 di jemaat GPM Saumlaki dan yang menang nanti peringkat 1, 2 dan 3. Kami juga ada rencana untuk membuat satu kegiatan khusus untuk live di  tv kabel,” ungkap dia pada Jumat (04/09/2020). (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...