-->

Junus Fredik Batlayery Ingin Nelayan Lelingluan Manfaatkan Sarpras Budidaya Rumput Laut


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku memberikan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) perikanan untuk kelompok pembudidayaan rumput laut. Penyerahan bantuan dilaksanakan di tengah Laut Rotan, Desa Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara (Tanut).

Kepala DKP Junus Fredik Batlayery, mengungkapkan jika sarpras bidang perikanan budidaya yang diberikan berupa 25 paket, yang terdiri dari tali longline, waring atau alat jumuran rumput laut, terpal, jangkar dan pendukung lainnya. Bantuan-bantuan tersebut dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dinas tersebut. Bahkan juga pihaknya melibatkan para tokoh agama setempat, untuk ikut dalam kegiatan dengan tujuan agar para pendeta, pastor dan ustad ini bisa memberikan motivasi kepada para pembudidaya. 

"Diharapkan meraka bisa merawat, memanfaatkan bantuan sarana dan prasarana yang diberikan. Agar berdaya guna dan dapat meningkatkan usaha perikanan budidaya rumput laut," ujarnya kepada Lelemuku.com pada Senin (07/09/2020). 

Pemberian bantuan sarpras tersebut, lataran hampir 80 persen terjadi peningkatan hasil rumput laut. Bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya capai 40 persen di akhir Desember 2019. Faktor utama hingga terjadi peningkatan hasil, karena banyak yang beralih dari pertanian maupun nelayan tangkap ke budidaya rumput laut. 

Diungkapkan, dari 10 kecamatan, lima kecamatan menjadi titik central budidaya rumput laut. Diantaranya Kecamatan Selaru, Wermaktian, Wuarlabobar dan Tanut serta Kecamatan Molu Maru. Dengan luasan budidaya sebesar 22 hektar. Namun yang baru terkelola sebanyak sembilan hektar.
Sejauh ini, rumput laut kering pangsa pasarnya lebih banyak di Surabaya maupun Makasar. Tetapi harga rumput laut sementara menurun tajam yakni Rp10 ribu per kilogramnya. Dari harga normalnya Rp16.000 sampai Rp20.000. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel