-->

Joice Fatlolon Nilai 10 Program Pokok PKK Tingkat Kepulauan Tanimbar

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku mengadakan penilaian lomba pada desa pelaksana terbaik 10 program pokok PKK tingkat kabupaten menindaklanjuti hasil lomba yang sama tingkat kecamatan dan desa.
Hal tersebut disampaikan Ketua TP-PKK Tanimbar, Joice Fatlolon Pentury, SP saat bersama tim melakukan penilaian pada Rabu (09/09/2020) terhadap sebanyak 31 kelompok Dasawisma Desa Sifnana Omele, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) yang merupakan salah satu desa pemenang lomba desa PKK pada tingkat Kecamatan.
Joice mengatakan setelah dilaksanakan di tingkat kecamatan, maka desa yang menang akan dilanjutkan pada tingkat kabupaten dan di hari yang sama dilakukan penilaian untuk tingkat kabupaten, dimana untuk Tansel diwakili oleh Desa Sifnana Omele.
Ia menuturkan untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan setelah minggu kedua pada bulan Oktober 2020 mendatang. Dari penilaian tersebut, akan didapatkan salah satu pemenang untuk mewakili kabupaten yang nantinya akan dinilai selanjutnya pada tingkat provinsi.
Dalam penilaian ada sebanyak 8 indikator yang dipakai, salah satunya tentang dasawisma. Untuk itu, di Desa Sifnana Omele terdapat sebanyak 37 kelompok dasawisma yang masing-masing terdiri dari 10 sampai 20 ibu-ibu rumah tangga.

“Penilaian yang baru dimulai hari ini, kita sudah berada di dasawisma kedua, yakni Dasawisma Kemangi. Di Desa Sifnana ini ada 37 kelompok dasawisma yang masing-masingnya terdiri dari 10 sampai 20 ibu-ibu,” kata Joice.
Ia menyatakan dalam setiap dasawisma terdapat kreasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang ditanami dengan tanaman obat keluarga (Toga) dan tanaman lainnya yang berupa sayur-mayur maupun tanaman bumbu-bumbu rumah tangga yang dapat memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesehatan keluarga melalui dasawisma.
Joice menambahkan penilaian juga mengarah kepada pemberdayaan anggota keluarga dasawisma sendiri yang turut mengambil peranan penting dalam satu kesatuan keluarga yang sejahtera melalui dasawisma itu sendiri. Di setiap desa terdapat dasawisma yang disesuaikan dengan jumlah RT yang ada. Untuk penilaian kali ini tuturnya, akan dilakukan pada setiap desa di 10 kecamatan yang ada di Tanimbar.

“Jadi tidak hanya difokuskan kepada dasawisma, namun juga untuk anggota keluarganya harus kreatif dalam menata halaman pekarangannya secara baik, bersih, dan rapih sehingga hal tersebut juga dapat bermanfaat dalam menjaga kebersihan dan keindahan halaman rumah. Ini HATINYA PKK, yakni Halaman asri, teratur, indah, dan nyaman,” ungkapnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel