-->

Inilah Pidato Presiden Republik Korea, Moon Jae-in Saat Berbicara di Debat Umum PBB ke 75

Inilah Pidato  Presiden Republik Korea, Moon Jae-in Saat Berbicara di Debat Umum PBB ke 75.lelemuku.com.jpg

NEW YORK, LELEMUKU.COM - Moon Jae-in, Presiden Republik Korea, menyampaikan debat umum Sesi ke-75 Sidang Umum PBB (New York, 22-29 September 2020).

Ia menyatakan seluruh umat manusia telah mampu mengatasi segudang krisis yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini. "Hingga saat ini untuk membangun peradaban yang kita jalani saat ini. Meskipun kita sekarang berada di tengah krisis COVID-19, umat manusia pasti akan kembali membuat langkah menakjubkan menuju hari esok yang berbeda dari hari ini".

"Republik Korea mengambil nilai-nilai kunci demokrasi dan mengubahnya menjadi tiga prinsip utama pencegahan penyakit menular - keterbukaan, transparansi, dan demokrasi, dan seluruh rakyat Korea menjadikan diri mereka aktor utama dalam upaya pencegahan penyakit menular. Korea juga menggabungkan multilateralisme dengan semangat komunitasnya, memungkinkan orang untuk mempraktikkan semangat "kebebasan untuk semua". Orang-orang Korea melindungi keselamatan mereka sendiri dengan melindungi tetangga. Pemerintah Korea memperluas cakupan tetangga di luar perbatasannya. Dengan berbagi peralatan pencegahan penyakit menular dengan negara lain tanpa menutup perbatasan, Korea menjaga negara dan ekonomi kita tetap utuh" kata dia.

Presiden Korea selanjutnya menyatakan, para pemimpin berpandangan jauh di masa lalu menciptakan PBB, memimpikan dunia yang lebih baik, dan mencapai prestasi cemerlang dalam mempromosikan nilai-nilai universal umat manusia. Di era pasca-COVID-19, PBB harus bertugas menyebarkan nilai-nilai universal ini lebih jauh untuk menyelesaikan tantangan global yang kompleks seperti kerja sama di bidang perawatan kesehatan, kerja sama ekonomi untuk pembangunan berkelanjutan, dan tindakan iklim. Pertempuran yang terjadi di setiap negara tahun ini telah dengan jelas menunjukkan bahwa krisis tidak dapat diatasi oleh satu negara saja, atau tanpa pertimbangan tetangga.

"Kita tidak hanya harus meningkatkan kerjasama internasional untuk mengembangkan vaksin dan perawatan tetapi juga menjamin akses yang adil untuk semua negara, setelah dikembangkan. Melalui pendanaan global, kita harus memfasilitasi pembelian vaksin dengan dosis yang cukup di awal untuk organisasi internasional guna memastikan bahwa negara-negara miskin dan berkembang juga dapat berbagi manfaat" ungkap dia.

Ia menegaskan Korea akan bekerja dengan semua negara untuk meminimalkan efek COVID-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi, dan secara aktif berpartisipasi dalam kerja sama internasional untuk mempromosikan multilateralisme inklusif yang ingin dicapai PBB.

Selanjutnya ia menegaskan bahwa wilayah yang paling membutuhkan semangat PBB untuk mewujudkan perdamaian dunia adalah Semenanjung Korea. Republik Korea telah dengan gigih mengupayakan rekonsiliasi antar-Korea dan melakukan upaya tanpa henti untuk mencapai denuklirisasi dan membangun perdamaian permanen di Semenanjung Korea.

"Dengan dukungan dan dorongan yang diberikan oleh komunitas internasional, Korea berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin PyeongChang sebagai Olimpiade Perdamaian yang diikuti oleh Korea Utara, dan itu mengarah pada tiga pertemuan puncak antar-Korea. KTT AS-Korea Utara yang dibawa oleh keputusan berani dari para pemimpin kedua belah pihak membuktikan bahwa proses perdamaian dapat berkembang melalui dialog".

Dikatakan pada akhirnya, Selatan dan Utara terikat oleh satu komunitas kehidupan, terjalin oleh pegunungan, sungai, dan laut yang membentang di kedua sisi. Ketika salah satu terkena penyakit menular atau bencana alam, begitu pula yang lain, mengharuskan keduanya bekerja sama untuk mengatasi tantangan ini. Kerja sama antar-Korea dalam pencegahan dan pengendalian penyakit serta kesehatan masyarakat juga akan memicu dialog dan kerja sama dalam proses membangun Semenanjung Korea yang damai. (PBB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel