-->

Herman Asaribab Pimpin FGD Cari Metode Penanganan Masalah Papua

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Kodam XVII/Cenderawasih menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) Forkopimda Prov. Papua dengan Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Cendikiawan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se – Jayapura dan komponen masyarakat lainnya untuk menyikapi perkembangan tren terkini di Papua, pada Selasa (22/09/2020).

Mengawali acara tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/ibu yang hadir pada acara ini.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan bahwa semua yang hadir dalam FGD ini adalah Narasumber. Apa yang kami lakukan merupakan tindak lanjut dari kebijakan pimpinan Negara sehingga masalah di Papua bisa terselesaikan. Kami ingin mengajak membangun Papua dengan Hati melalui dengan Smart Power. Akar permasalahan dan metode penanganan dari Bapak/Ibu sekalian nantinya akan menjadi masukan bagi kami. Ada Papua di Nusantara merupakan bentuk bahwa Papua bagian dari Indonesia yang tidak terpisahkan.

“Kita dari Forkompimda Papua ingin merubah penanganan Papua dengan Hati, bahwa senyum adalah senjata yang efektif. Ancaman yang dihadapi cukup beragam meliputi Perang Suku, konflik Internal Masyarakat dan Dikotomi di Masyarakat itu sendiri, Gugatan Fakta sejarah, referendum, KKSB Khususnya KKSB, kami tidak akan menggunakan lagi istilah tersebut tetapi kami menyebutnya Saudara saudara yang berbeda pendapat karena apapun ceritanya mereka adalah saudara kita bangsa Indonesia,”kata Pangdam.

Diakhir sambutannya Pangdam menambahkan bahwa “Dengan terselenggaranya acara ini kita dapat mencari metode penanganan masalah yang komprehensif ke depan. Supaya Papua berada dalam situasi yang aman, damai dan sejahtera. Agar kita semua dapat membangun Papua menjadi lebih maju lagi,”pungkas Pangdam

Sementara itu, pada kesempatannya Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpau mengatakan bahwa acara kumpul seperti ini merupakan forum yang baik untuk berdiskusi terkait penyelesaian masalah yang berada di tanah Papua ini.

“Dimana saat ini Provinsi Papua menjadi satu–satunya provinsi yang sedang berkonflik di negeri ini. Saya ingin mengingatkan bahwa Papua ada maka ada Indonesia ini. Indonesia tidak lengkap apabila tidak ada Papua,”kata Kapolda.

“Kita harus fokus pada pelayanan dasar yang baik. Ada banyak penyelenggara negara yang tidak melaksanakan tugas dengan benar sehingga masyarakat tidak menerima hal tersebut. Masyarakat menginginkan suasana yang sejuk. Harapan saya, kita sebagai manusia yang punya latar belakang intelektualitas dan hati, mari laksanakan tugas dengan baik,”harap Kapolda.

Rektor Uncen diwakili oleh Pembantu Rektor IV Dr. Frederic Sokoy juga mengatakan, dalam penanganan Papua, dari sisi akademisi pendekatan adalah hal yang paling penting. Di wilayah pegunungan tengah, permasalahan tidak pernah selesai, oleh karena itu kita perlu melaksanakan mapping yang komprehensif.

“Kita berharap komunikasi seperti ini, bisa kontinyu. Sementara peristiwa – peristiwa tertentu yang merengut jiwa itu hampir terjadi setiap hari. Kita berharap melalui Bapak Pangdam dan Kapolda, Nantinya mungkin juga bisa memberikan penjelasan tentang pembangunan ataupun Otsus. Momentum ini adalah momen yang sangat tepat, kita berdiskusi dalam penanganan Papua,”ucapnya.

Pada acara FGD tersebut banyak saran dan masukan dalam penyelesaian masalah konflik yang disampaikan oleh para tokoh agama, tokoh adat, akademisi, mahasiswa, pengusaha dan komponen masyarakat lainnya.

Di akhir acara, Pangdam menyampaikan bahwa hasil dari kegiatan FGD tersebut akan dibuat sebuah buku rekomendasi yang isinya juga akan disajikan dalam kesempatan FGD berikutnya.

“Terimakasih atas saran masukan dari para narasumber, ke depan solusi tentang permasalah di Papua akan dituangkan dalam bentuk buku dan akan kita diskusikan dalam kesempatan FGD berikutnya,” pungkas Pangdam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Papua yang diwakili oleh Kakesbangpol Prov. Papua Bapak Musa Isir, M.Si, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpouw, Ketua DPRP Bapak Jhoni Banua Rouw, Rektor Uncen diwakili oleh Pembantu Rektor IV Bapak Dr. Frederic Sokoy, Kepala Bidang Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Sinode GKI di Tanah Papau Pdt Leonora Balubun, S.Th., Ketua Sinode Gereja Gerakan Pantekosta Prov. Papua dan Papua Barat Bapak Pdt. Fransiskus Esa, Tokoh Adat Bapak Agus Kogoya, Tokoh Pemuda Bapak Samuel Tabuni, Perwakilan Mahasiswa Fredy Funataba, Dosen Kajian Ketahanan Nasional UI Dr. Margaretha Hanita, Ketua Yayasan Pendidikan Kristen di Papua Dr. Nomensen Mambraku beserta semua pemangku kepentingan yang berada di Papua. (PendamCenderawasih)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel