-->

Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Pemprov Galakan Gerakan Sebelas September

AMBON, LELEMUKU.COM – Pemerintah Provinsi Maluku menggalakan Gerakan Sebelas September untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan sekitarnya. Gerakan Sebelas September yang mengusung tema, “Kalesang Negeri, Lingkungan Bersih, Masyarakat Sehat” itu dilaksanakan pada Jumat 11 September 2020, dan dilaksanakan secara serempak di seluruh Kabupaten/Kota di Maluku.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku, Muhammad Marasabessy, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran masyarakat agar turut peduli pada lingkungan hidup di sekitarnya.

“Pencanangan Gerakan Sebelas September ini akan menjadi momentum untuk dijadikan sebagai agenda tahunan oleh masyarakat Maluku secara berkelanjutan di setiap Kabupaten/Kota di Maluku,” katanya.

Menurutnya, Gerakan Sebelas September yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Gubernur Maluku Murad Ismail itu meliputi aksi bersih-bersih lingkungan yang dilakukan setiap instansi masing-masing, baik sekolah, perguruan tinggi, kantor pemerintah maupun swasta, dengan melibatkan masyarakat di lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini akan dimulai sekitar pukul delapan pagi secara serentak dengan tetap memperhatikan Protokol Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, kata Marasabessy, Gubernur Maluku Murad Ismail melalui surat edarannya, mengajak partisipasi masyarakat untuk turut terlibat dalam Gerakan Sebelas September, melalui aksi pembersihan lingkungan di desa dan kelurahan hingga lingkungan RT dan RW dengan melibatkan peran serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, hingga ibu rumah tangga dan seluruh lapisan masyarakat.

“Rangkaian kegiatan ini sebagai upaya menciptakan lingungan bersih, nyaman, indah, sehat dan sejahtera untuk masa depan anak cucu Maluku,” jelasnya.

Sebagaimana pesan Gubernur Murad setiap saat, kata Marasabessy, tugas Kepala Daerah itu ada dua plus satu, yakni satu mengentaskan kemiskinan, kedua mensejahterahkan masyarakat, dan plus satu adalah kepala daerah harus dapat menjaga dan mempertahankan sumberdaya alam agar dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

“Pesan Pak Gubernur ini mengisyaratkan kepada kita semua bahwa tujuan dari pembangunan itu harus mempertimbangkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup. Proses pembangunan berkelanjutan ini bertumpu pada tiga faktor, yakni kondisi sumberdaya alam, kualitas lingkungan, serta kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, Gerakan Sebelas September ini diharapkan hanya sebagai menjadi pemicu, dan setiap hari kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup itu ada dan membudaya di masyarakat. (HumasMaluku)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel