Silwanus Sumule Ungkap 140 Petugas Kesehatan di Papua Positif Corona - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Silwanus Sumule Ungkap 140 Petugas Kesehatan di Papua Positif Corona

Silwanus Sumule Ungkap 140 Petugas Kesehatan di Papua Positif CoronaJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi Papua meminta masyarakat untuk jujur saat berobat di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya. Hal demikian bertujuan meminimalisir angka penyebaran virus corona atau Covid-19 di bumi cenderawasih.

“Dari data terakhir yang kami kumpulkan khusus di 10 rumah sakit yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom, sudah ada 140 petugas kesehatan kita yang dinyatakan positif Covid-19”.

“Untuk itu, kami sampaikan masyarakat harus jujur saat bertemu petugas kesehatan mengenai kondisinya. Kemudian perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh, sehingga proses penanganan kesehatan oleh petugas medis dilakukan sesuai standar,” terang Jubir Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule lewat telewicara, Kamis (2/7/2020).

Sementara dari 140 petugas kesehatan yang sudah dinyatakan positif corona, 60 orang diantaranya sudah sembuh. Sementara 80 orang sisanya masih dalam perawatan. Kasus tertinggi ditemukan di RSUD Jayapura, dengan total 63 orang.

“Makanya sekali lagi jujur ini menjadi hal yang sangat penting bagi kita. Dengan sampaikan kondisi pasien kepada petugas kesehatan bahwa saya ada kontak dengan mereka yang positif atau saya merasakan ada perubahan pada tubuh seperti  batuk, sulit bernapas dan lainnya maka petugas kesehatan sedini mampu mencegah penyebaran”.

“Intinya, kejujuran menjadi hal yang penting bagi petugas kesehatan dalam mendiagnosis penyakit,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Silwanus menyemangati para petugas kesehatan (positif Covid-19) yang kini sedang menjalani perawatan. Dia memastikan bahwa mereka tak sendiri tapi mendapat dukungan moril dari seluruh tim di Satgas Covid-19 Papua.

“Teman-teman kesehatan anda tidak sendiri, anda bersama-sama dengan kami. Bagi mereka yang saat ini masih dalam perawatan tetap bersemangat, jangan takut bahwa Tuhan bersama dengan kita semua”.

“Tetap ikuti protokol kesehatan, tetap mematuhi semua pengobatan yang sudah disiapkan, kami berdoa teman-teman akan segera dinyatakan negatif dan setelah 14 hari isolasi mandiri di rumah kita akan bekerja sama kembali menolong warga,” hiburnya.

Diketahui, saat ini kasus kumulatif Covid-19 Papua menyentuh angka 1886 dengan 980 dirawat, 888 sembuh dan 18 meninggal. Penyebaran tertinggi terjadi di Kota Jayapura dengan 1051 kasus, Mimika 395 kasus dan Kabupaten Jayapura 198 kasus. (DiskominfoPapua)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...