-->

Messala Hutabarat Ungkap Dinas Pertanian Tanimbar Fokus Kembangkan SDM Penyuluh di 2020


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Ir. Messala Hutabarat mengungkapkan jika pihaknya di tahun 2020 ini focus terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang penyuluh

Selain SDM penyuluh yang berkualitas, dirinya pun berharap seorang penyuluh mampu meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, serta meningkatkan anggaran. 

Menurut Hutabarat, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) di tahun ini telah mengarahkan pihaknya di daerah untuk menyukseskan prioritas nasional pada program nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, serta ketahanan pangan, air dan lingkungan hidup. Berdasarkan hal tersebut, pihaknya telah menekankan pada upaya membangun SDM pertanian yang berkualitas.

"Penyuluh pertanian haruslah dilengkapi dengan kemampuan saat diterjunkan ke lapangan nanti," ujar dia kepada awak media di ruang kerjanya pada Senin (20/07/2020). 

Hutabarat mengungkapkan kendati mengalami keterbatasan anggaran, namun hal itu bukan menjadi kendala untuk pihaknya untuk meningkatkan kualitas sumber daya penyuluh. Mengingat pentingnya peningkatan kualitas, maka salah satu strateginya adalah dengan melakukan bimbingan teknis dan dilengkapi dengan pemberian sertifikat. Dimana para pemateri juga akan diambil dari kementerian hingga dinas pertanian provinsi.

"Pentingnya penyuluh ini karena mereka akan berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga jika tidak dibekali dengan keilmuan yang baik, maka tentu sangat berpengaruh pada output yang akan kita dapatkan untuk pengembangan pertanian di daerah ini," ungkapnya. 

Hutabarat pun menambahkan bahwa lumbung-lumbung pertanian yang harus mendapat perhatian serius adalah di Kecamatan Nirunmas dan Selaru. Ia menyatakan hampir semua kecamatan di Bumi Duan Lolat tersebut memiliki potensi pertanian yang besar. 

“Dengan demikian, jika tidak memperkuat tenaga penyuluh lapangan, maka pekerjaan rumah besar untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pada beroperasinya pengelolaan gas alam abadi Blok Masela, tentu akan kesulitan. Prinsipnya dalam implementasinya, kami menerapkan transparansi dalam proses kegiatan dan pengelolaan  anggaran sesuai mekanisme," tegas Kadis. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel