-->

Jelang Pembelajaran, YPPK Dr. J. B. Sitanala Gelar KKG, MGMP dan MKKS kepada Kepsek SD dan SMP di Tanimbar


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Memasuki pembelajaran baru Tahun akademik 2020-2021, Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen (YPPK) Dr. J. B. Sitanala Cabang Tanimbar Selatan (Tansel) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) pada Selasa (21/07/2020) dan Rabu (22/07/2020). 

“Kami apresiasi rekan-rekan guru yang selalu setia untuk mengabdi dan melayani di dunia pendidikan di tengah situasi yang sangat memprihatinkan saat ini. Kegiatan ini berjalan sesuai sejumlah aturan dan salah satu kebijakan sebagai penanggungjawab di lingkungan gereja Maluku,” ungkap Ketua YPPK Dr. J. B. Sitanala Cabang Tansel, Pdt. Lenny Rangkoratat Bakarbessy, S.Th saat membuka kegiatan itu.

Ia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan yang melibatkan 12 SD, diantaranya SD Kristen Saumlaki, SD Kristen Lermatan, SD Kristen Latdalam, SD Kristen 1 Seira, SD Kristen 2 Seira, SD Kristen Makatian, SD Kristen Makatian, SD Kristen Namtabung, SD Kristen Kandar, SD Kristen Lingat, SD Kristen Werain dan SD Kristen Fursui serta 3 SMP, diantaranya SMP Kristen Saumlaki, SMP Kristen Batuputih dan SMP Kristen Werain adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan Kepsek di lingkup daerah itu.

Selain itu, untuk memperluas dan mempercepat ketersediaan layanan pendidikan yang bermutu, mempersiapkan proses pembelajaran, cara menangani peserta didik selama proses pembelajaran di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan penyeragaman perangkat pembelajaran dalam masa new normal atau tatanan kehidupan baru. 

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan kontribusi pendidik di level SD dan SMP, harapan kami lewat kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di YPPK Sitanala,” harapnya. 

Ketua Panitia Penyelenggara Phelipus Masela, S.Pd menyatakan bahwa YPPK Sitanala merupakan mitra pemerintah yang telah melakukan berbagai terobosan untuk memfasilitasi, membina serta mendorong sekolah-sekolah yang ada dilingkup YPPK untuk maju dan bertumbuh secara bersama sesuai dengan potensi sekolah.

Kemudian mampu mewujudkan barometer mendapatkan pendidikan yang layak sekaligus sebagai sumber inspirasi dan kepercayaan masyarakat untuk memilih sekolah YPPK sebagai tempat anak-anak mengasah ilmu. Salah satu usaha untuk memberdayakan potensi di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah pemberdayaan sekolah agar mampu berperan sebagai subjek penyelenggara pendidikan dengan menyajikan pendidikan yang bermutu.

“Tuntutan kurukulum dengan berbagai regulasi dewasa ini menuntut peran aktif semua pihak termasuk YPPK Sitanala untuk terus berbenah diri mewujudkan melalui implementasi dalam KKG, MGMP dan MKKS bagi guru, Kepsek SD dan SMP pada lingkup YPPK Sitanala,” jelas Masela. 

YYPK Sitanala Cabang Tansel pun mengundang Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon, SH., MH, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Herman Joseph Lerebulan dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Edwin Tomasoa dalam penyampaian materi yang dilaksanakan selama dua hari atau setara dengan 20 jam dan 45 menit dengan materi umum kebijakan Dispenbud Tanimbar masa new normal hadapi COVID-19 dalam proses belajar mengajar,  strategi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 selama proses belajar mengajar dan etika pendidikan Kristen pada lingkup YPPK Sitanala dalam proses belajar mengajar di masa new normal.

Materi pokok, diantaranya analisis kompetensi, pembelajaran, penilitian dan dokumen SKL, KI-KD, silabus dan pedoman mata pelajaran, perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), praktek pembelajaran dan penilaian dai praktik pembelajaran dan penilaian dan review hasil praktik, praktik pengolahan dan pelaporan penilaian hasil belajar, kebijakan yayasan tentang peningkatan mutu serta review dan evaluasi pelatihan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel