100 Penumpang Wings Air Dari Ambon Wajib 14 Hari Karantina - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

100 Penumpang Wings Air Dari Ambon Wajib 14 Hari Karantina

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Sebanyak 100 orang penumpang dari zona merah Virus Corona (COVID-10) Kota Ambon dan dari luar Maluku melalui penerbangan komersil Wings Air dari Bandara Internasional Pattimura Ambon telah tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Jumat (03/07/2020).

Sesuai protokol penanganan COVID-19 menuju era new normal atau tatanan kehidupan baru mengatasi corona, maka tetap harus diberlakukan karantina mandiri maupun karantina terpusat. Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon, selaku Ketua Gugus Tugas (Gustu) Penanganan dan Pencegahan Corona menjelaskan sesuai hasil rapat gustu dengan Forum Komunikasi daerah (Forkopimda) dan bidang terkait yang mempertimbangkan berbagai hal usul dan saran.

Maka pihaknya memutuskan untuk penerbangan resmi kembali dibuka dengan dua kali penerbangan atau flight pada pagi dan siang, dengan rincian 44 orang flight pertama dan 56 orang kloter kedua dimana ada 8 orang karantina di RSU Anaktototi Larat, Tanimbar Utara dan 7 orang karantina mandiri.

“Yang datang dalam penerbangan ini ada pak Kajari baru, beberapa perwira Polisi. Kita hanya ijinkan penerbangan udara. Nanti minggu depan kita akan evaluasi lagi,” tandas Fatlolon.

100 pelaku perjalanan itu akan dikarantina terpusat di perumahan Pemda di Desa Kabiarat, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), enam rumah di kompleks Lanal Saumlaki, gedung serbaguna Polres MTB dan perumahan Kodim 1507 sambil menunggu Pemda menyiapkan bangunan permanen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, dr.Edwin Tomasoa menambahkan Gustu telah siap untuk melakukan pemantauan. 10 hari kedepan akan dilakukan rapid, jika ada yang reaktif maka dilanjutkan ke Tes Cepat Molekuler (TCM). PCR ini dapat menemukan partikel virus pada tubuh setiap individu dan menempatkan urutan gen Coronavirus tertentu.

“Untuk Swab tetap akan dikirim ke Ambon untuk periksa,” ujarnya. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...