-->

Turun Langsung Bersihkan Lokasi Banjir di Saumlaki, Petrus Fatlolon Ajak Warga Tertib Sampah

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH tinjau langsung lokasi banjir di Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Minggu (03/05/2020).

Hal tersebut dilakukan Bupati Fatlolon saat hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah perkotaan Saumlaki dan sekitarnya dan mengakibatkan beberapa tempat terendam banjir, seperti di depan markas Batalyon 734/SNS, ruas Jalan Mathilda Batlayeri dan Kompleks Kampung Babar.

Terlihat pada pukul 10.00 WIT dengan sigap dan didampingi beberapa staf di rumah dinasnya, Bupati Fatlolon bergegas langsung meninjau kondisi lokasi berdampak banjir tersebut hingga membersihkan saluran air yang tersumbat di sekitar perumahan warga.

"Sampah yang banyak itu adalah sampah plastik dan potongan-potongan kayu. Warga membuangnya di drainase. Alhasil, ketika musim penghujan kaya gini, drainase tersumbat dan akhirnya akibatkan banjir. Dari kondisi riil yang ada, ternyata penyumbatan itu terjadi karena warga masih membuang sampah sembarangan. Dan saluran air atau drainase masih menjadi tempat untuk membuang sampah," kata dia kepada Lelemuku.com pada Minggu (03/05/2020).

Fatlolon menemukan fakta lain, yaitu drainase besar hingga saat ini belum dibangun talud sebagai penahan air. Kemudian ia pun merencanakan usai meninjau titik-titik banjir tersebut, dirinya akan mengajak Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Ruben Moriolkosu, Kepala Dinas Cipta Karya dan Kawasan Pemukiman, Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Bappeda untuk meninjau kembali lokasi banjir itu yang bertujuan agar mempercepat penanganan.

“Ayo tertib dalam membuang sampah. Ia menyatakan bahwa Selokan, drainase atau parit bukanlah tempat untuk membuang sampah, karena akan menghalangi jalannya air ketika musim hujan tiba,” imbaunya. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel