-->

Hercules TNI AU Angkut 12 Ton Bansos dari Bandara Mopah Merauke ke Fiji

 Hercules TNI AU Angkut 12 Ton Bansos dari Bandara Mopah Merauke ke FijiMERAUKE, LELEMUKU.COM - Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara, dari Bandara Mopah Merauke mengangkut 12 ton bantuan dari Pemerintah Republik Indonesia ke Negara Republik Fiji yang pada tanggal 8 April lalu dilanda musibah Taufan Tropis Harold yang menyebabkan puluhan orangmeninggal dan ribuan tempat tinggal rata dengan tanah, Kamis (14/5/2020) sekitar pukul 07.00 WIT.

Hercules tersebut tiba dari Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 19.30 WIT. Selanjutnya pesawat bermalam dan pagi kemarin melanjutkan perjalanan ke Fiji.

Dansatgas Covid-19 Lanud J.A Dimara, Letkol Sus Rahmat Toni Basuki, didampingi Kabinpotdirga Lanud JA. Dimara Merauke, Mayor Adm. Arif Widadi menmgungkapkan, bantuan yang diangkut Hercules ini adalah bantuan sosial bagi negara Fiji yang telah dilanda Taufan Tropis Harold.

‘’Bantuan sosial dari Pemerintah RI yang diangkut Hercules ini sebanyak 11.615 kg atau sekitar 12 ton berupa tenda regu, tenda pleton, handuk, selimut dan makanan kering seperti biskuit maupun makanan siap saji seperti mie instan,’’ kata Rahmat.

Menurut Dansatgas Covid Lanud Merauke yang juga menjabat sebagai Pasi Ops Lanud Merauke tersebut, karena sekitar 8 April lalu negara tersebut dilanda Taufan Tropis Harold. ‘’Sebagai negara yang bersahabat, negara tetangga dan untuk mempererat hubungan yang baik, maka kita melakukan bantuan sosial meskipun kita juga saat ini mengalami bencana Covid-19. Namun demikian, Fiji juga mengalami dua kali bencana yakni Taufan Tropis Harold dan Pandemi Covid-19 seperti yang kita alami.

Sebagai negara tetangga yang baik dan untuk mempererat hubunghan kedua negara, kita membantu mereka untuk meringankan beban masyarakat Fiji," ujarnya. Menurutnya, pemerintah RI akan terus membantu negara-negara tetangga seperti lainnya apabila mengalami kesulitan, bencana dan lainnya.

Ia menekankan, pangkalan Udara JA Dimara Merauke ke depan akan menjadi pangkalan yang penting. Hal itu karena apabila ada bencana yang terjadi tetangga atau di negara kita, maka ini akan menjadi pangkalan untuk aju. Karena pangkalan utamanya ada di Jakarta dan Makassar. Sementara Merauke ini akan menjadi pangkalan aju. Apalagi berbatasan dengan negara tetangga," tambahnya.Dari sisi geografis, Merauke berada di paling Selatan dan dekat dengan negara-negara tetangga. (InfoPublik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel