-->

Devota Kuway Sulap 8 Ha Lahan Nganggur Jadi Lumbung Padi di Olilit

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Seorang ibu janda berusia 70 tahun di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Devota Metantomwate Kumay berhasil sukses menyulap lahan nganggur seluas 8 Ha menjadi lumbung padi baru bagi masyarakat di Desa Olilit Raya.

Dirinya bersama anak dan cucunya sukses memanen setengah ton beras dari hasil tanam padi gogo empat bulan lalu. Padahal awalnya, lahan tidur tersebut di ‘cap’ tidak layak tanam, karena sebelumnya lahan itu hanya ditumbuhi ilalang.

“Tahun ini penghasilan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi kita tetap bersyukur atas hasil panen in,” ujar Devota yang mengaku telah mulai menanam sejak tahun 2016 lalu pada Selasa (12/05/2020).

Kemudian Devota mengungkapkan kekecewaan dihatinya, sebab hingga saat ini, mesin giling yang pernah diajukan ke Dinas Pertanian setempat untuk mendapatkan bantuan dan telah diberikan, namun menurutnya salah sasaran, karena diberikan kepada desa dan bukan kepada kelompoknya.

Devota berharap kisah suksesnya sebagai petani Kampung dapat menginspirasi masyarakat daerah untuk tidak pesimis dalam memanfaatkan lahan sekitar yang dianggap tidak produktif. Ia menyatakan juga bahwa di tengah kondisi Pandemi Virus Corona Infection Desease (COVID-19) yang melanda dunia saat ini, masyarakat pasti mampu memanfaatkan lahan kosong dengan baik dan akan menjadi peluang menambah penghasilan.

“Ditahun pertama saja yang kami diberikan bantuan bibit oleh dinas. Tetapi seterusnya dinas yang beli bibit dari kami. Stok panen dari padi saya akan bertahan selama satu tahun atau 12 bulan setiap musim panen dengan 4 jenis padi, yaitu padi putih, merah, hitam dan pulut serta yang sering kami jual ke Dinas Pertanian adalah padi putih setiap tahun 100 kg,” ungkapnya sambil memanen padi yang telah ditanam sejak Bulan Januari lalu.

Wanita kelahiran Saumlaki, 07 Maret 1950 itu merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar bersama sang suami, Alm Idelfonsius Kuway memiliki 5 orang anak dan 6 orang cucu. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel