Tim Gugus Penanganan Covid-19 Malra Benarkan Ada Pasien Bayi Usia 8 Bulan - . | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif
loading...

Tim Gugus Penanganan Covid-19 Malra Benarkan Ada Pasien Bayi Usia 8 Bulan

LANGGUR, LELEMUKU.COM – Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Maluku Tenggara memberikan Laporan yang disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas, Drs. M. Ingratubun dan Dr. K. Notanubun, M.Kes di Ruang Kerja Media Center Penanganan Covid-19 Kantor Bupati Maluku Tenggara, Minggu, (29/03/2020).

Drs. M. Ingratubun melaporkan bahwa pada Sabtu, (28/3) Pukul 08.00 WIT, Bupati Maluku Tenggara bersama Wakil Walikota Tual, Dandim 1503 Maluku Tenggara, Kapolres Maluku Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur meninjau Hotel Langgur sebagai Posko Karantina Mandiri Khusus Bagi Pelaku Perjalanan, mekanismenya akan diatur oleh Tim Medis Gugus Tugas.

IA menambahkan pada hari itu juga Pukul 14.00 WIT, dilakukan Rapat Koordinasi Pencegahan/Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara bersama Pemerintah Kota Tual yang dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tenggara dan Walikota Tual yang melibatkan Forkopimda, Sekda Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Para Staf Ahli Bupati Maluku Tenggara dan Kota Tual, Para Asisten Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Manager PT. PLN Cabang Tual-Maluku Tenggara, Kepala Bulog Maluku Tenggara, Pimpinan Bank Maluku, BRI, BNI, Bank Modern Ekspres, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual serta Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Kabupaten Maluku Tenggara, guna menyatukan persepsi dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19, serta mengetahui gambaran kesiapan sembilan bahan pokok dalam menghadapi penyebaran Covid-19 dan hal-hal teknis lainnya.

M. Ingratubun mengatakan pada hari itu juga, Sabtu, (28/3) Pukul 16.00 WIT, dilakukan Rapat Bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dan Sekretaris Daerah Kota Tual, sebagai tindak lanjut atas hasil Rapat Koordinasi Antar Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, sekaligus menetapkan kesepakatan bersama tentang Penanganan Covid 19 di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Kegiatan Penyemprotan Disinfektan juga dilakukan pada hari itu juga oleh Tim Gugus Tugas yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Maluku Tenggara, Lanud Dumatubun Langgur, Lanal Tual, Kodim 1503 Maluku Tenggara dan Polres Maluku Tenggara yang dilaksanakan di beberapa lokasi antara lain Rumah Dinas dan Asrama Kodim 1503 Malra dan Lanud Dumatubun Langgur, Kantor PUTR, Kesbangpol, Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Inspektorat, Badan Pusat Statistik Kab. Malra, Kantor Bulog Maluku Tenggara, Polsek Kei Kecil, PT. Telkom, Kantor Samsat Maluku Tenggara, Perumahan Warga dan Sepanjang Jalan Jend. Sudirman.

Ia sampaikan, pesawat yang tiba sore ini dilakukan Pemeriksaan rutin bagi penumpang Maskapai Penerbangan Wings Air pada Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur sebanyak 76 Penumpang dengan hasil Pemeriksaan NEGATIVE (tidak ditemukan gejala Covid-19), selanjutnya Pemeriksaan rutin bagi Penumpang juga dilakukan di Pelabuhan Motor Watdek berjumlah 120 Penumpang dan Pelabuhan Motor Elat sebanyak 64 Penumpang dengan hasil NEGATIVE (tidak ditemukan gejala Penderita Covid-19.

Dilaporkan pula bahwa Pada malam harinya, Polres Maluku Tenggara bersama Satpol PP Kabupaten Maluku Tenggara melakukan tindakan pembubaran terhadap kerumunan orang pada beberapa titik serta Sosialisasi Penutupan untuk sementara tempat-tempat hiburan dan Karaoke yang berada di Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

Hingga Sabtu, (28/3) 2020 Pukul 24.00 WIT di Kabupaten Maluku Tenggara terdapat 2 ODP dengan rincian ODP 1 Jenis Kelamin Perempuan umur 38 Tahun, alamat Watdek dengan hasil pemeriksaan ulang yaitu baik dan sementara Rawat Jalan dengan Riwayat Perjalanan dari Abu Dhabi; ODP 2 Jenis Kelamin Laki umur 51 Tahun alamat Wearsten dengan hasil pemeriksaan ulang yaitu membaik dan 2 ODP sudah keluar dari RSUD Karel Sadsuitubun Langgur dan saat ini sementara Rawat Jalan dengan Riwayat Perjalanan dari Luar Daerah (Jawa-Bali).

Sekretaris Gugus Tugas, Dr. K. Notanubun, M.Kes membenarkan adanya Pasien Bayi usia 8 Bulan yang sementara dirawat di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur yang diduga tertular dari Ayahnya yang baru saja pulang dari Luar Daerah.
Dr. Notanubun menegaskan bagi mereka yang baru tiba dari luar daerah dalam kurun waktu beberapa hari kedepan, agar segera melakukan karantina mandiri atau tidak melakukan kontak dengan orang lain. Ia memberikan apresiasi kepada Ohoi Sathean dan Ohoi Ohoira yang melakukan karantina mandiri bagi mereka yang baru tiba dari luar daerah. Beliau berpesan agar Ohoi lain juga bisa mengikuti hal yang sama. Kami sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari masyarakat terutama Ohoi untuk membantu Tim Gugus Tugas terutama tenaga medis karena Rumah Sakit merupakan Pintu terakhir dalam menangani Penyebaran Covid-19 tersebut. (HumasMalra)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...