Pemprov Malut Kian Bergerak Cepat Tangani Covid-19 - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Pemprov Malut Kian Bergerak Cepat Tangani Covid-19

TERNATE, LELEMUKUCOM – Untuk lebih meningkatkan penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) di Maluku Utara, Pemprov Malut menggelar rapat bersama dengan Forkopimda dan tim gugus tugas penanganan Covid-19.

Rapat yang berlangsung kurang lebih 3 jam, di kantor Perwakilan Malut, Jumat (27/3), yang dipimpin oleh Sekprov Malut Samsuddin A. Kadir, dalam rangka mendengar masukan dari Forkopimda, terkait dengan penanganan Covid-19 di Malut.

Kapolda Malut, Brigjen Pol. Rikhwanto, dalam rapat itu menegaskan bahwa tidak ada penutupan akses bandara maupun pelabuhan laut, serta meminta kepada seluruh masyarakat untuk menghindari kerumunan.

“Selama masa tanggap darurat Covid-19 di Malut, tidak ada penutupan akses penerbangan di bandara maupun akses pelayaran di pelabuhan laut,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, kami juga meminta kepada seluruh stakeholders Malut agar dapat melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terkait dengan Protokol pemerintah dalam pencegahan menyebarnya virus Corona.

“Masyarakat dihimbau untuk tidak berkumpul dan membuat keramaian.
Selain itu pihak kami (tim siber) juga memantau seluruh pengguna media sosial (medsos) di Malut, jangan ada yang menyebar berita hoax pada masyarakat,” tegasnya.

Senada dengan itu, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Endro Satoto, mengatakan bahwa perlu adanya edukasi pada masyarakat terkait dengan penangan serta pencegahan virus tersebut.

“Penting adanya membangun kesadaran pada masyarakat, guna memutus mata rantai menyebarnya virus Corona ini. Selain itu juga, tingkat kewaspadaan yang tinggi pada masyarakat terkait dengan arus mudik menjelang bulan suci Ramadhan,” katanya.

Sementara itu Kabinda Malut, lebih menyentil pada ketersediaan dukungan tenaga Medis dan alat kesehatan.

“Koordinasi lintas sektor terus ditingkatkan, hal ini untuk terpenuhinya penyediaan tenaga medis dan alat kesehatan,” pintahnya.

Lain halnya dengan Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud, yang menyinggung soal penggunaan anggaran untuk penangan Covid-19 ini.

“Pemrov Malut punya ketersediaan anggaran dalam keadaan darurat (force majore). Kami DPRD Malut sangat mendukung Pemrov. Kami juga akan melakukan rapat dengan Pemrov jika ada hal-hal yang dibutuhkan terkait dengan penggunaan anggaran penanganan Covid-19 ini,” ungkapnya.

Sementara itu Sekprov yang juga selaku Ketua Tim gugus tugas Covid-19, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu patuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

“Masyarakat diminta agar selalu menjaga jarak dan kontak langsung antar sesama (lebih baik di rumah saja), mengindari tempat kerumuman dan tidak melakukan kegiatan yg mendatangkan banyak orang,” ucapnya.

Sekprov juga menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan himbauan, edaran dan instruksi Gubernur akan perpanjang ASN bekerja dari rumah, RSUD Ternate tetap dijadikan sebagai tempat penanganan Covid-19 dan dilakukan perluasan tempat tidur, akan dilakukan alternatif penggunaan Hotel sebagai tempat isolasi atau tempat perawatan pasien umum dan akan dilakukan langkah tegas kepada masyarakat jika tidak mematuhi himbauan pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. (HumasMalut)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...