Inilah Misi Petrus Fatlolon dan Agustinus Utuwaly di Tahun 2020 - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Inilah Misi Petrus Fatlolon dan Agustinus Utuwaly di Tahun 2020

LERMATAN, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH menyatakan beberapa misi yang menjadi targetnya bersama Wakil Bupati (Wabup) Agustinus Utuwaly, S.Sos dalam memasuki tahun 2020 melalui pesan dan kesan natal kepada seluruh masyarakat Tanimbar.

Bupati Fatlolon yang didampingi oleh Istri, Joice Fatlolon Pentury, SP bersama para asisten dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanimbar mengutarakan hal itu pada ibadah malam natal di Gedung Gereja Protestan Maluku (GPM) Jemaat Lermatan di Desa Lermatan, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) pada Selasa (24/12/2019).

Pesan itu adalah keinginan dari Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo kepada dirinya pada Senin (28/10/2019) lalu, yaitu Sumber Daya Masyarakat (SDM) Tanimbar, secara khusus dari Lermatan harus dipersiapkan dengan serius dan sebaik mungkin dalam menyambut beroperasinya Blok Masela yang merupakan proyek strategis nasional.

“Kepada saya tentang Blok Masela, Presiden Jokowi berpesan supaya masyarakat dipersiapkan, sumber daya masyarakat harus betul-betul dipersiapkan. Jangan sampai SDM orang Tanimbar, lebih khusus di Lermatan ini tertinggal dibandingkan dengan desa-desa lain atau jangan sampai orang Tanimbar kalah dari kabupaten dan kota lain di Provinsi Maluku,” kata dia.

Fatlolon mengungkapkan guna menyiapkan SDM unggul dari Tanimbar, dirinya secara langsung sudah berkunjung ke Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu guna melihat secara langsung proses perkuliahan dan kondisi dari para mahasiswa Tanimbar yang telah memperoleh beasiswa penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda) itu. Namun, Ia menyatakan kekecewaannya karena penemukan hanya satu saja anak asli Lermatan yang lolos menimba ilmu di kampus itu. Maka secara khusus, Fatlolon meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispenbud) pada bulan Januari 2020 ini membantu dirinya melakukan penyiapan dan pendampingan terhadap paling kurang sebanyak 5 orang anak Lermatan agar mampu lulus seleksi pada kampus tersebut.

Selain itu, Bupati Tanimbar juga menuturkan kerinduannya melihat anak asli Desa Lermatan yang berprofesi sebagai dokter, maka melalui kesempatan itu ia langsung meminta kesediaan Asisten II, dr. Edwin Tomasoa yang juga merupakan dokter senior di kepulauan itu untuk menyiapkan putra-putri Lermatan yang mampu menerima beasiswa dapat berkuliah di Fakultas Kedokteran.

“Saya perna menjanjikan akan memberikan kuota tujuh orang asli Lermatan untuk mendapatkan beasiswa di kampus cepu. Tetapi setelah saya datang dan lihat ternyata cuma ada satu dan menurut informasi saat itu hanya dua orang saja yang ikut seleksi. Saya intervensi dua-duanya lolos, tetapi ternyata satu saja yang lanjut karena yang lainnya buru-buru berumahtangga. Demikian pula dengan beasiswa di fakultas kedokteran ternyata pada proses seleksi tidak ada satupun yang berminat. Harus ada orang Lermatan yang jadi dokter, tidak saja menjadi tenaga ahli di bidang migas untuk menyongsong blok masela tetapi dokter juga atas beasiswa pemda, saya harap dari sekarang kita persiapkan,” tuturnya.

Kemudian Fatlolon mengungkapkan keinginan kedua dari Jokowi, yaitu mengenai kesiapan sekitar 1.500 Hektar lahan bagi beroperasinya Blok Masela. Maka secara terbuka di kesempatan itu, Fatlolon meminta kesediaan masyarakat Lermatan untuk tidak lagi menjual tanah-tanah kepada pihak-pihak tertentu. Ia menyarankan baiknya lahan-lahan itu disewakan untuk keberlangsungan hidup anak cucu kedepan.

“Saya sudah dua kali mengeluarkan surat larangan menghentikan proses jual beli tanah dan mungkin sudah sekitar 400 hektar yang saat ini dijual. Kalau kita jual habis sudah hak masyarakat, kalaupun ada warga masyarakat yang mau jual, baiknya sabar-sabar tunggu tahun 2020 nanti pemda fasilitasi untuk jual langsung kepada inpex dengan harga yang tinggi melalui mekanisme proses penyerahan prosedural dan menguntungkan masyarakat dengan ganti untung bukan ganti rugi,” tambah dia. (Laura Sobuber)

loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...