-->

284 Gempa Guncang Tanimbar Selama Tahun 2019

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Stasiun Geofisika Saumlaki sebagai perpanjangan tangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku memberikan kaleidoskop aktivitas gempabumi sebanyak 284 kali selama tahun 2019 di sekitar wilayah kepulauan tersebut.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Saumlaki, George F. A. Muabuay, S.Si., M.Sc dalam kurun waktu 1 tahun sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2019, gempa bumi yang tercatat oleh pihaknya berjumlah 284 kejadian dengan aktifitas paling banyak terjadi pada bulan Desember yaitu 44 kejadian dan yang paling sedikit terjadi pada bulan April yakni 10 kejadian.

Ia pun menambahkan ada 4 kejadian gempabumi yang dirasakan di Tanimbar dengan waktu kejadian pada tanggal 4 Januari dirasakan III MMI dengan magnetido 5,7 SR pada kedalaman 118 km, 15 Juni dirasakan III hingga IV MMI dengan 6,7 SR pada kedalaman 144 km, 24 Juni dirasakan V MMI dengan 7,7 SR dan 22 September dirasakan I hingga II MMI dengan 6,4 SR pada kedalaman 11 km. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel