-->

Nelayan Semarang Hemat Biaya Melaut akibat 556 Paket Konkit LPG

Nelayan Semarang Hemat Biaya Melaut akibat 556 Paket Konkit LPGSEMARANG, LELEMUKU.COM - Kelanjutan program pendistribusian paket konversi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) bagi para nelayan kecil ditujukan agar dapat menghemat biaya operasional melaut. Penghematan ini bakal segera dirasakan oleh para nelayan Kota Semarang yang telah menerima 556 paket konverter kit (konkit) LPG 3 kg.

"Dengan menggunakan LPG, kita harapkan lautnya menjadi lebih bersih dan otomatis ikannya lebih banyak. Pendapatan para nelayan juga pasti meningkat. Uang dari penghematan biaya operasional melaut ini dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya," jelas Sekretaris Direktorat Jenderal Migas, Iwan Prasetya Adhi saat membagikan paket konkit yang dipusatkan di TPI Mangunharjo, Senin (2/12/2019).

Selain TPI Mangunharjo yang menerima 205 paket konkit, jelas Iwan, pendistribusian juga juga dilakukan di titik serah lain, yaitu Tambakmulyo sebanyak 351 paket. "Pembagian paket perdana Konversi BBM ke BBG Untuk Nelayan ini merupakan kali pertama bagi nelayan Kota Semarang. Nelayan yang mendapat paket ini, harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Apabila ada syarat tidak terpenuhi, maka tidak akan masuk sebagai calon penerima," ungkapnya.

Meningkatnya kesejahteraan nelayan setelah menggunakan konkit LPG, juga menjadi harapan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Oleh karena itu, Hevearita meminta agar para nelayan memelihara bantuan ini dengan baik. "Alat ini mahal sekali, harganya per paket Rp 8,5 juta. Nelayan tidak perlu mengeluarkan uang, langsung diberikan (gratis). Dijaga ya, jangan dijual," pesannya.

Hevearita juga meminta agar program ini tetap berlanjut dan menyasar ke wilayah Semarang lainnya yang belum kebagian. "Matur nuwun atas perhatian Pemerintah kepada Kota Semarang. Semoga selanjutnya, kami bisa mendapatkan tambahan atau inovasi baru sehingga masyarakat lebih sejahtera," katanya.

Sebagai tindak lanjut pembagian paket konkit berbahan bakar LPG ini, PT Pertamina menyatakan komitmennya untuk menambah pasokan sebanyak 5.600 tabung LPG 3 kg.

"Untuk pasokan, mengacu pada informasi Ditjen Migas, umumnya nelayan membutuhkan 10 tabung per bulan. Total nelayan Kota Semarang yang mendapat paket berjumlah 556 orang. Untuk bulan Desember ini kami tambah alokasi sekitar 5.600 tabung di 8 pangkalan yang ada di pesisir pantai. Ini untuk memudahkan nelayan untuk membeli LPG," jelas Sales Branch Manager Rayon 1 Semarang PT Pertamina (Persero), Alam Kanda.

Sebagai informasi, Pemerintah c.q Kementerian ESDM melaksankan pembagian paket konkit LPG 3 Kg sebanyak 13.305 unit paket. Selanjutnya, pada tahun 2020, direncanakan akan dibagikan 40.000 unit paket konversi BBM ke BBG untuk Nelayan di 26 provinsi. (KESDM)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel