-->

Kericuhan Antara Anggota Brimob dan Yonif 734, Royke Lumowa dan Marga Taufiq ke Saumlaki

Kericuhan Antara Anggota Brimob dan Yonif 734, Royke Lumowa dan Marga Taufiq ke SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM -  Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa dan Pangdam Patimura, Mayjen TNI Marga Taufiq pada Sabtu (21/12/2019) pukul 15.00 WIT berencana melakukan pertemuan guna mengamankan personil TNI dan Polri yang sebelumnya ricuh di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Menurut informasi yang diterima Lelemuku.com dari Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M Roem Ohoirat, kericuhan  pada Jumat (20/12/2019) pada 19.00 WIT ini terjadi di perempatan perbelanjaan Saumlaki Town Square (Satos) berawal dari masalah disiplin dalam berlalu lintas dan kesalahan komunikasi antara Personil Kompi 3 Yon C Pelopor Brimob Polda Maluku dengan Personil 734/SNS Saumlaki.

Peristiwa ini  sendiri terjadi ketika Personil Brimob sedang melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sebagai bentuk patroli, pengaturan lalu lintas dan penjagaan namun intensitasnya ditingkatkan) di perempatan perbelanjaan Satos dan menemukan seseorang mengendarai motor roda dua melawan arus dan tidak menggunakan helm sehingga ditegur oleh anggota Brimob berinisial Bharatu ML sehingga terjadi pertengkaran mulut.

Pertengkaran mulut ini berlanjut hingga terjadi penamparan oleh ML terhadap warga tersebut yang ternyata anggota Kompi 734 SNS Saumlaki berinisial Prada PS.

Beberapa anggota Kipan 734 SNS sedang mengantar ibu-ibu Persit yang berbelanja di Satos melihat kejadian tersebut, sehingga tidak terima dan terjadi perkelahian di lokasi kejadian.

Selanjutnya, karena melihat salah seorang anggota Kipan B mencabut sangkur, Bharatu ML melepaskan tembakan dengan peluru hampa.

Personol Brimob kemudian ditarik kembali ke Mako dan beberapa anggota Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) datang ke lokasi kejadian dengan tujuan mengamankan situasi.

Selanjutnya pada pukul 20.25 Wit, sekitar 40 Personil kipan A Yonif 734/SNS datang ke lokasi kejadian dengan menggunakan kendaraan roda 6 dan kendaraan roda 2.

Sebagian melakukan pemukulan terhadap personil Polres MTB yang saat itu sedang malakukan pengamanan TKP, namun sebagian diantara mereka hanya mengamankan anggota Polres yang ada di TKP.

Guna mengamankan situasi Kapolres MTB Andre Sukendar, Dansubdenpom Saumlaki, Kasdim 1507, Dankipan Yon 734 SNS, Danki Brimob kompi 3 Yon C beserta personil melakukan pembubaran personil masing-masing satuan. Serta melaksanakan koordinasi antara satuan untuk segera melaksanakan penyelesaian masalah.

Sekitar pukul 21.00, personol Kipan 734/ SNS didorong untuk kembali ke Mako batalyon. Saat dalam perjalanan kembali, mereka melakukan pelemparan perumahaan Asrama Polres MTB yang berakibat pada 4 unit rumah mengalami pecah kaca bagian depan, 1 kaca pada klinik kesehatan polres pecah.

Sekitar pukul 22.15 situasi dapat terkendali, seluruh personil masing-masing satuan sudah kembali ke mako masing-masing.

Dilaporkan 4 anggota Polres mengalami luka lecet, sementara itu 1 unit mobil dan 1 motor dinas alami rusak ringan. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel