-->

Djauhari Oratmangun Promosi Wonderful Indonesia di Forum Bisnis Chongqing

BEIJING, LELEMUKU.COM – Bertemakan “Doing Business with Wonderful Indonesia”, KBRI Beijing bekerja sama dengan Foreign Affairs Office Chongqing Municipal People’s Government dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Beijing menyelenggarakan “Indonesia-China (Chongqing) Business Forum on Trade, Tourism and Investment” pada tanggal 2 Desember 2019 bertempat di Crowne Plaza Chongqing Jiafangbei.

Forum Bisnis yang dihadiri oleh hampir 200 pelaku usaha Tiongkok dan Indonesia tersebut merupakan upaya KBRI Beijing secara terus menerus untuk mencari terobosan dalam meningkatkan ekspor ke Tiongkok, investasi ke Indonesia serta meningkatkan jumlah wisatawan Tiongkok ke Indonesia. Kegiatan Forum Bisnis diawali dengan penampilan Tarian Saman oleh mahasiswa Indonesia di Chongqing yang memukau para peserta Forum Bisnis.

Duta Besar RI untuk RRT, Djauhari Oratmangun, dalam sambutan pembuka menyampaikan bahwa Indonesia dan Chongqing memiliki banyak peluang kerja sama yang sangat potensial di bidang-bidang pengembangan industri mobil, teknologi informasi dan komunikasi, dan kerja people-to-people-contact khususnya pariwisata.

Vice-Mayor of Chongqing Municipal People’s Government, Li Bo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Forum Bisnis di Chonqging. Kegiatan tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kerja sama Indonesia dan Chongqing di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Saat ini terdapat 8 perusahaan asal Chongqing yang telah melakukan investasi di Indonesia, salah satunya yaitu Sokon Group melalui PT Sokonindo Automobile yang telah memiliki pabrik mobil di Serang. Dari sisi pariwisata, tercatat sebanyak 60 ribu wisatawan asal Chongqing telah berkunjung ke Indonesia. Sebagai salah satu dari 4 municipality di Tiongkok, Chongqing juga maju di sektor IT antara lain melalui pendirian Intelligent Technology Park oleh OPPO. Pada tahun 2018 nilai perdagangan Indonesia-Chongqing mencapai USD 1.2 milyar.

Forum Bisnis menghadirkan narasumber yang berasal dari Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Perdagangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Beijing, Huawei dan Sokon Motor Group. Kegiatan diakhiri dengan sesi networking antara pelaku usaha kedua negara yang berminat menjajaki kerja sama lebih mendalam.

Seusai Forum Bisnis, Dubes RI dan para pembicara diundang dalam suatu jamuan makan malam khusus Indonesia oleh Walikota Chongqing, Mr. Tang Liangzhi beserta jajaran. Dalam jamuan tersebut, delegasi Indonesia dihibur dengan lagu “Sing Sing So” yang dibawakan oleh vokal grup anak-anak kota Chongqing. Dubes RI juga membalas dengan menampilkan lagu “Sio Mama” bagi Walikota dan jajaran.
Jamuan juga dihadiri oleh Founder & Chairman Chongqing Sokon Industry Group Co., Ltd, Mr. Zhang Xinghai yang menyampaikan minatnya untuk memperluas investasi di Indonesia.

Sebagai catatan, kegiatan Forum Bisnis Indonesia-Chongqing masuk dalam salah satu agenda Asia-Europe Cooperation Dialogue Boao Forum for Asia (BFA), forum internasional bergengsi yang berkantor pusat di Tiongkok. Dubes Djauhari Oratmangun bersama dengan delegasi Indonesia turut menghadiri sesi pembukaan BFA yang salah satunya menampilkan Chairman BFA, Mr. Ban Ki Moon, sebagai salah satu pembicara. (KBRIBeijing)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel