Budi Purwanto Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Kelestarian Penyu - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Budi Purwanto Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Kelestarian Penyu

Budi Purwanto Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Kelestarian PenyuOLILIT, LELEMUKU.COM – Komandan Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) (Danlantamal) IX Ambon, Provinsi Maluku, Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, S.T., M.M mengimbau kepada seluruh masyarakat, secara khusus para nelayan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk menjaga kelestarian penyu dihabitatnya pada Sabtu (02/11/1019).

Saat didampingi oleh Ketua Jalasenastri Cabang IX Ambon, Ny. Dhiyah Kusumawati S. Psi guna melakukan aksi pelepasan penyu ke habitatnya di Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki yang dilakukan dengan imbauan ’Selamatkan Penyu di Batas Negeri dan Selamatkan Laut, Tanimbar Berseri’.

“Imbauan saya terhadap masyarakat dan nelayan khususnya di Saumlaki, mari kita jaga bersama kelestarian baik sumber daya alam yang ada di laut maupun biota-biota, hewan-hewan, ikan-ikan yang ada di laut untuk melestarikan dari keberadaan mereka,” imbau dia.

Budi Purwanto Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Kelestarian PenyuSecara khusus untuk menjaga populasi penyu agar tidak punah, Purwanto meminta seluruh masyarakat Tanimbar untuk turut melestarikan hewan langka dan sudah dilindungi oleh Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Hayati dan Ekosistemnya dimana pelaku perdagangan baik penjual dan pembeli satwa dilindungi seperti penyu bisa dikenakan hukuman penjara selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 100 juta.

“Keberadaan penyu semakin kurang dan mereka juga perlu kita lindungi karena penyu ini sekarang sudah memasuki populasi yang cukup rawan. Kalau kita tidak ikut melestarikan maka akan punah dan itu sangat kita sayangkan karena di Indonesia ini kita sangat beragam ,keanekaragaman sumber hayati yang ada di laut, untuk itu perlu kita jaga dan lestarikan bersama,” pintanya.

Budi Purwanto Imbau Masyarakat Tanimbar Jaga Kelestarian PenyuTurut hadir pada kegiatan itu Ketua Jalasenastri Korcab III Cabang IX  Eny Hartanto, Aspotmar Danlantamal IX Ambon Kolonel Marinir Nanang Purwoko, Kadifaslan Lantamal IX Ambon Letkol Laut (KH) Jamaluddin, S.T,  Ka. Akun Lanal Saumlaki Kapten Laut (S) Kristanto Basuki, Pasintel Lanal Saumlaki Kapten Laut (P) Agus Haryanto, Dankal P. Nustual Kapten Laut (P) Abson Nizam, S.E, Pa Ur. Opslat Pgs. Dansatma Lanal Saumlaki Lettu Laut (P) Yudianto, ADC Danlantamal IX Ambon Serda Bek Akbar Prihatin, Istri Aspotmar Danlantamal IX Ambon Ny. Nanang Purwoko, Prajurit Lanal Saumlaki, pengurus Jalasenastri Korcab III Cabang IX dan Saka Bahari Lanal Saumlaki. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...