Thaher Hanubun Saksikan Pengukuhan Raja Kirkes Ibra I Fit Ke 16. - . | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Thaher Hanubun Saksikan Pengukuhan Raja Kirkes Ibra I Fit Ke 16.

Thaher Hanubun Saksikan Pengukuhan Raja Kirkes Ibra I Fit Ke 16.LANGGUR, LELEMUKU.COM - Prosesi Ritual Adat Pengukahan Agung Renwarin, SH, sebagai Raja Kirkes Ke 16 atau Rat dalam Bahasa Kei. Penyerahan Mandat Raja diserahkan secara langsung oleh Raja Kirkes Ibra I Fit Ke 15, Hi. Abdul Fagih Renwarin.

Pengukuhan Raja/Rat tersebut berlangsung Hikmah dengan proses Ritual Adat, yang disaksikan langsung oleh para Raja/Rat Or Siw Lor Lim, Bupati Maluku Tenggara, Provinsi Maluku, Wakil Bupati Malra, Plt. Sekda Malra, Wali Kota Tual, Anggota DPRD Malra, Ketua DPRD Kota Tual, Dandim, Kapolres, Danlanud, Kepala OPD Pemkab Malra dan Kota Tual serta masyarakat Adat Kirkes Ibra I Fit. Langgur, Senin (28/10/2019).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menyampaikan bahwa, sebagai seorang Raja/Rat merupakan cerminan bagi masyarakat, Raja harus bijaksana, berpihak kepada masyarakat, mampu menjaga kearifan dan kata, sehingga selalu dirindukan oleh rakyatnya. Raja harus tegas dalam menyatakan sikap, ketika yang salah adalah salah dan yang benar adalah benar kepada masyarakatnya.

Lebih lanjut, M. Thaher Hanubun mengharapkan kerja sama dari para Raja untuk percepatan proses pelantikan Kepala Ohoi, agar seluruh ohoi yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara memiliki Kepala Ohoi Devinitif, sesuai dengan Visi Misi Pemerintah Daerah. “ Hira Ini In Tub Fo Ini It Dit Fo It Dit “ adalah sesuatu yang harus menjadi pegangan bagi para Raja/Rat, dalam menentukan serta merekomendasikan yang berhak untuk menjadi Kepala Ohoi. Raja diharapkan tidak berpihak kepada kelompok tertentu sehingga perpecahan tidak terjadi dalam masyarakat “. Ucap Hanubun. (DiskominfoMalra)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...