Lasqi Kota Ambon Sertakan Wakilnya di Festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Lasqi Kota Ambon Sertakan Wakilnya di Festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional

Lasqi Kota Ambon Sertakan Wakilnya di Festival Seni Budaya Islam Tingkat NasionalYOGYAKARTA, LELEMUKU.COM – Lembaga Seni Qasidah Islam (Lasqi) Kota Ambon mengirimkan wakilnya pada Festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional yang berlangsung hari ini Rabu (23/10/2019). Festival yang digelar Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam melalui Direktorat Penerangan Agama Islam bertempat di Gedung Olahraga UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Festival dengan tema Budaya Islam Sebagai Penguat Moderasi Beragama ini akan berlangsung selama empat hari. Sehari Sebelumnya rangkaian acara diisi dengan Seminar Nasional dengan menghadirkan narasumber antara lain Rektor UIN Sunan Kalijaga, Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi, Budayawan, Prie GS, serta Agamawan KH, Jadul Maula.

Direktur Penerangan Agama Islam mengatakan bahwa undang undang mengamanatkan negara untuk melestarikan budaya Indonesia termasuk didalamnya Seni Budaya Islam yang saat ini mulai terpinggirkan.

Festival ini menurutnya merupakan salah satu langkah strategis Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam untuk merevitalisasi kembali seni budaya islami seperti wali-wali dan ulama terdahulu. Hal ini diperlukan untuk mengimbangi dan mencounter pengaruh budaya-budaya asing yang masuk ke tanah air.

Ada dua kategori yang dilombakan pada festival ini yaitu Vokalis Religi (Putra/Putri) dan Theater (Group) yang pesertanya merupakan perwakilan dari Propinsi seluruh Indonesia.

Harun Zabbais Suneth dan Rahma Nabila Letahiit adalah dua wakil Lasqi Kota Ambon yang akan berlaga pada festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional. Mereka akan turun pada kategori lomba Vokalis Religi Putra dan Putri.

Alvian Lewenusa selaku Sekretaris DPD Lasqi Kota Ambon sekaligus pendamping peserta melalui sambungan telepon menjelaskan bahwa berdasarkan surat Dirjen bimbingan masyarakat islam tentang Festival seni qasidah maka Kanwil Kementrian Agama Provinsi Maluku melalui lembaga pengembangan seni budaya islam meminta DPD Lasqi Kota Ambon untuk mengirimkan dutanya pada festival dimaksud.

“Kami berharap dengan diikutsertakannya dua wakil ini dapat memberikan hasil yang baik dan bisa mengharumkan nama Provinsi Maluku dan tentunya DPD Lasqi Kota Ambon,” jelas Alvian.

Ditambahkan, setelah dilaporkan. Walikota Ambon sangat mengapresiasi Lasqi Kota Ambon serta memberikan dukungan moril kepada peserta yang terlibat untuk berkompetisi. (DiskominfoAmbon)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...