-->

Chili Batalkan Konferensi Tingkat Tinggi APEC dan COP25, Sementara Protes Berlanjut

Chili Batalkan Konferensi Tingkat Tinggi APEC dan COP25, Sementara Protes BerlanjutSANTIAGO, LELEMUKU.COM - Chili telah membatalkan KTT iklim dan ekonomi sementara protes anti-pemerintah berlanjut. Demikian seperti diumumkan oleh Presiden Sebastian Pinera, Rabu (30/10/2019).

Negara di Amerika Selatan itu akan menjadi tuan rumah KTT Kerjasama Ekonomi Pasifik Asia (APEC) pada bulan November serta KTT iklim COP25 pada awal Desember.

Protes yang dimulai 18 Oktober atas kenaikan tarif kereta bawah tanah di Santiago sebesar empat persen itu telah merembet ke seluruh pelosok negeri, yang dipicu oleh rasa frustrasi warga biasa Chili yang merasa telah ditinggalkan dalam kemakmuran negara terkaya di Amerika Latin itu.

Bentrokan terjadi antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan pada hari Senin - hari yang sama ketika Presiden Pinera mengganti delapan anggota kabinet dalam upaya menjinakkan krisis politik di negara itu.

Sementara sebagian besar protes berlangsung damai, sebagian telah berubah menjadi kekerasan, menewaskan sedikitnya 20 orang.

Para pengunjuk rasa menuntut peningkatan kesetaraan ekonomi di negara itu, serta reformasi dalam sistem pensiun dan medis.

Pinera, seorang miliarder berhaluan kanan-tengah, pekan lalu menawarkan sejumlah proposal untuk menenangkan para pengunjuk rasa, termasuk kenaikan upah minimum dan pensiun serta harga yang lebih rendah untuk obat-obatan dan transportasi umum. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel