Syukuran dan Resepsi HUT 33 Pelayanan Laki-Laki GPM di Jemaat Saumlaki - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Syukuran dan Resepsi HUT 33 Pelayanan Laki-Laki GPM di Jemaat Saumlaki

Syukuran dan Resepsi HUT 33 Pelayanan Laki-Laki GPM di Jemaat SaumlakiSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Tanimbar Selatan (Tansel) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar acara syukuran dan resepsi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pelayanan Laki-Laki GPM yang ke-33 dengan tema ‘Jadilah Laki-Laki yang Bermakna Bagi Gereja dan Bangsa’ di Gedung Gereja Eben Haezer pada Selasa (24/09/2019).

Dalam sambutannya, Ketua GPM Klasis Tansel, Pdt. Lenny Bakarbessy Rangkoratat , S.Th mengatakan  bahwa wadah pelayanan laki-laki GPM adalah wadah fungsional yang melakukan pembinaan bagi kaum bapak GPM sejak tahun 1986 dan telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam bersaksi, bersekutu dan melayani.

“Momentum HUT ke 33 bagi pelayanan laki-laki GPM ini patut kita syukuri bahwa semuanya karena anugerah dan kemurahan Tuhan serta segala kemudahan yang tiada terhingga bagi GPM,” ucap dia.

Pendeta Lenny pun berharap kepada seluruh anggota dari wadah pelayanan laki-laki dapat mengkoordinir dirinya masing-masing sebagai individu yang mampu berkontribusi dalam tugas-tugas pelayanan bagi bangsa dan negara serta menjalankan fungsi dan peran seorang laki-laki di tengah keluarga yang diwujudnyatakan sebagai imam yang baik dalam menciptakan penerus yang baik pula.

“Kehadiran laki-laki di masyarakat untuk menjadi berkat bagi banyak orang untuk itu tetaplah setia, taat, jujur, adil, bijaksana dan takut akan Tuhan. Serta teruslah meminimalisir KDRT, perlindungan terhadap anak dan memenuhi kebutuhan dan hak serta pendidikan yang layak bagi masa depan anak. Jadilah laki-laki yang bermakna bagi gereja dan masyarakat,” pesannya.

Syukuran dan Resepsi HUT 33 Pelayanan Laki-Laki GPM di Jemaat SaumlakiSementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanimbar, Piterson Rangkoratat, SH menambahkan bahwa tema HUT laki-laki GPM tahun ini mengingatkan kaum bapak GPM untuk selalu dituntut untuk mempunyai peranan yang lebih dalam gereja dan bangsa.

“kata laki-laki bukan hanya identitas tetapi laki-laki berarti ada kekuatan, wibawa, ketokohan, ada sosok yang punya kuasa untuk perubahan yang positif dan tidak menyerah dengan kondisi yang ada. Keluarga adalah basis pembentukan karakter dan laki-laki harus menunjukkan itu. Setiap laki-laki gereja harus mengambil diri memaknai hidupnya,” tambah dia.

Sebelumnya dalam ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt. Yoltuwu, S.Th dari Jemaat Namtabung, Kecamatan Selaru dalam pembacaan Firman yang terambil di dalam kitab Yosua 24:14-24 dengan perikob ‘Pembaruan Perjanjian di Sikhem’.

Pendeta Yoltuwu mengajak para laki-laki untuk menemukan makna kehadiran Allah dalam peran di keluarga, gereja dan masyarakat serta jadikanlah Tuhan paling terpenting dalam hidup dan jadilah teladan sebagai seorang laki-laki.

“Jadilah suami dan ayah yang benar, jalankan profesi yang benar dalam melakukan tugas dan tanggungjawab, tidak menyimpang ke kanan dan kiri. Dalam perayaan ini sebagai laki-laki diingatkan untuk menjadi teladan dalam keluarga kita, istri dan anak serta tugas dan tanggungjawab kita,” tutupnya.

Syukuran dan Resepsi HUT 33 Pelayanan Laki-Laki GPM di Jemaat SaumlakiPerayaan tersebut berlangsung sangat meriah dengan beberapa pujian, tarian dan drama singkat yang bercerita tentang peran laki-laki sebagai kepala keluarga. Kemudian pemotongan tumpeng ulang tahun dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba menyongsong HUT Pelayanan Laki-Laki ke-33.

Dalam menyongsong HUT tersebut telah dilakukan beberapa kegiatan, diantaranya jalan santai dan berbagai pesan kampanye, seperti anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, advokasi lingkungan dan perangi Human Trafficking atau perdagangan manusia, senam bersama dan pertandingan rekrasi.

Berkunjung ke pusat pertanian, lomba pengelola pangan lokal, ceramah penguatan kapasitas laki-laki dan perempuan sebagai mitra yang terlaksana pada Sabtu (21/09/2019) hingga Senin (23/09/2019). (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...