-->

Sesali Penyerangan, Nurdin Abdullah Jamin Keamanan Warga Papua di Sulawesi Selatan

Sesali Penyerangan, Nurdin Abdullah Jamin Keamanan Warga Papua di Sulawesi SelatanMAKASSAR, LELEMUKU.COM – Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin, dan Penjabat Wali Kota Makassar, HM Iqbal Suhaeb, melakukan peninjauan di Asrama Papua yang terletak di Jalan Lanto Daeng Pesewang, Makassar, Senin (19/08/2019) malam.

Nurdin Abdullah menjamin keamanan warga dan mahasiswa Papua di Sulsel. Ia sangat menyesalkan peristiwa penyerangan yang terjadi di asrama tersebut. Apalagi mereka datang ke Sulsel untuk menimba ilmu.

“Kita semua bersaudara kok, kita masyarakat Sulsel adalah masyarakat yang santun, sangat menghargai toleransi, dan kita tidak ada diksriminasi, kita semua bersaudara. Oleh karena itu, kita semua turun bersama-sama saudara kita dan memberikan jaminan keamanan kepada mereka. Jadi tidak usah khawatir,” kata Nurdin Abdullah.

Gubernur menyebutkan, setelah beberapa peristiwa di beberapa daerah di Indonesia. Pihak keamanan di Sulsel sudah melakukan antisipasi.

“Bapak Kapolda dan segenap aparat keamanan itu sudah mengantisipasi dari siang. Kita mengantisipasi dari hal-hal yang kita tidak inginkan bersama,” sebutnya.

Namun, tiba-tiba ada penyerangan. Tetapi dapat diredakan dengan cepat dan bisa diatasi dalam waktu sekira 10 menit.

“Dan kondisi sekarang ini, kita sudah bertemu saudara-saudara kita dari Papua, penghuni asrama kita tenangkan, kita sudah suplai berbagai kebutuhan mereka. Dan oleh Bapak Kapolda, Wakapolda, Kasdam, Dandim dan semua hadir, itu memberikan jaminan. Kami jamin keamanannya,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, pihak terkait sudah mengevakuasi warga Papua untuk bergabung di asrama tersebut, agar pengamanannya lebih intensif. Sehingga, kejadian ini tidak terulang. Dilakukan pendekatan ke beberapa tokoh, agar masing-masing pihak bisa memahami dan menjaga Sulsel ini tetap kondusif.

“Kita semua bersaudara, kita masyarakat yang santun,” ucapnya.

Sementara, Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin, mengingatkan agar masyarakat tidak mudah untuk terprovokasi.

“Asrama kita awasi, kita jaga. Dan saudara-saudara kita dari Papua juga kita imbau tidak terprovokasi. Sementara elemen masyarakat lain melalui jalur saluran kita lakukan komunikasi tidak terseret dalam provokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan banyak hoaks di Sosmed,” jelasnya.

Pengamanan akan terus dilakukan melihat perkembangan yang ada. “Kita lakukan sampai besok, mungkin besoknya lagi, tergantung perkembangan situasi nasional, situasi ini kita antisipasi agar tidak terjadi,” jelas dia

Sesali Penyerangan

Gubernur sangat menyesalkan adanya peristiwa penyerangan Asrama Papua di Jalan Lanto Deng Pasewang, Makassar, oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab.

“Saya sesalkan kejadian ini. Insyaallah pemerintah dan pihak keamanan, Pak Kapolda, Kapolrestabes, akan jamin keamanan sekarang dan seterusnya,” tegas Nurdin.

Gubernur berharap, seluruh warga dan mahasiswa Papua yang ada di Sulsel, tetap tinggal di rumah dan asrama masing-masing, dan akan dijaga ketat oleh pihak keamanan.

“Tetap tinggal disini, kita akan jaga full. Asrama-asrama mahasiswa yang lain juga kita jaga. Tidak usah tinggalkan asrama, saya yakin pihak keamanan akan menjaga sambil kita menenangkan teman-teman yang lain, supaya kejadian ini tidak terulang lagi,” pesannya.

Nurdin Abdullah berjanji, akan menyelesaikan semua kerusakan di Asrama Mahasiswa Papua, akibat insiden tersebut. Ia juga berharap agar semua warga dan mahasiswa Papua di Sulsel tetap tenang.

“Saya berharap semua bisa tenang, karena kejadian ini pasti akan reda. Kita sesalkan bersama insiden ini. Karena itu, apa yang terjadi malam ini, termasuk kerusakan, besok kita akan selesaikan semua,” tegasnya.

Gubernur Nurdin Abdullah juga menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua tersebut. “Maafkan kami semua,” ucapnya. (HumasSulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel