-->

Murad Ismail Pimpin Peringatan HUT RI ke 74 di Provinsi Maluku

Murad Ismail Pimpin Peringatan HUT RI ke 74 di Provinsi MalukuAMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku,  Irjen Pol. (Pur) Drs. Murad Ismail menjadi inspektur upacara (irup) peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka, Ambon Sabtu (17/08/2019).

Selain Gubernur Murad, upacara yang dimulai pukul 10.00 WIT ini berlangsung khidmat dan lancar dan diikuti oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kapolda Maluku Irjen Pol.Drs.Royke Lumowa, M.M, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno,  Kajati Maluku Triyono Haryanto, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Wakil Walikota Ambon Syarief, mantan Gubernur Maluku Karel Alberth Ralahalu, unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri,  tamu undangan, mahasiswa dan pelajar di Kota Ambon.

Bertindak selaku komandan upacara yakni Pabandya Latsopsdam XVI Pattimura, Letkol Inf. Mario Kristian Noya. Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huwae. Sementara  doa oleh Kakanwil kementerian Agama provinsi Maluku Fesal Musad.

Ratusan siswa-siswa SMP melakukan Aubade dengan menyanyikan sejumlah lagi perjuangan dengan diiringi instrumen Ajendam XVI/Pattimura diantaranya “Proklamasi Agustus 45” dan “Gandong”.

Hotumese Choir Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon membawakan dua lagu yakni “Maluku Tanah Pusaka” dan “Pancasila Rumah Kita”, sedangkan “Indonesia Pusaka” yang dinyanyikan oleh Geofani Kefa dan Enjelic Lokolo yang merupakan juara pertama putra-putri lomba nyanyi tunggal dalam rangka 100 hari Kerja Gubernur-Wagub Maluku.

Di akhir acara para peserta upacara serta warga yang menyaksikan jalannya upacara dikagetkan dengan kemunculan Gubernur Maluku, Murad Ismail dengan menyanyikan lagu “Maluku Tanah Pusaka” di bawah guyuran hujan lebat dengan “backing vokal” oleh Hotumese Choir Unpatti Ambon.

Dalam momentum tersebut, PaskibraMaluku memukau masyarakat karena sukses mengibarkan Bendera Merah Putih. Dimana pembawa baki Bendera Merah Putih Pita Huwae merupakan siswi SMA Negeri Siwalima Ambon.

Gubernur pada kesempatan itu menyatakan peringatan HUT RI hendaknya tidak dimaknai sebagai seremonial semata tetapi sebagai pembangun kesadaran nasional dan semangat patriotisme terutama dalam bermasyarakat.

“Perjuangan kita saat ini bukanlah perjuangan fisik melawan penjajah namun bagaimana kita berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya di Maluku. Upaya ini sejalan dengan komitmen kita lewat visi pembangunan Maluku 2019-2024 yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan, ” kata Murad. ()

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel