-->

Kelompok Egianus Kogoya Kontak Senjata di Pasar Jibama Wamena, Satu Tewas

Kelompok Egianus Kogoya Kontak Senjata di Pasar Jibama Wamena, Satu TewasJAKARTA, LELEMUKU.COM - Kelompok sipil bersenjata (KSB) di Papua kembali berulah. Kali ini mereka masuk ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua dan melakukan pengancaman terhadap masyarakat di sana. Akibatnya, kontak senjata dengan aparat kepolisian tak terhindarkan, Jumat (23/08/2019).

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan, peristiwa ini terjadi siang tadi. Baku tembak pecah saat polisi hendak menangkap anggota kelompok tersebut. Namun, mereka melakukan perlawan.

“Mereka masuk kota ancam warga ketika mau ditangkap menembak anggota, dua terluka, anggota dan masyarakat. Dan ketika mau ditangkap tetap melawan,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, di Jakarta pada Jumat (23/08/2019).

Setelah baku tembak berlangsung beberapa saat, KSB ini berhasil dilumpuhkan. Dari tangan mereka, turut disita senjata api yang digunakan mereka beraksi.

“Mereka berhasil dilumpuhkan dan barang bukti satu pucuk senpi laras pendek berhasil disita,” imbuh Brigjen Pol. Dedi Prasetyo.

Sebelumnya diinformasikan, aparat keamanan terlibat baku tembak dengan di Terminal Pasar Baru Jibama, Kota Wamena sekitar pukul 10.00 WIT.

Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda mengatakan KSB yang terlibat baku tembak berjumlah lima orang. Dua diantaranya membawa senjata laras panjang dan menyerang sehingga terjadi kontak senjata.

Anggota KSB dengan pimpinan Egianus Kogoya ini, sempat diminta untuk menyerah dan melemparkan senpi, namun permintaan aparat tidak diindahkan.

“Bahkan ditembaki hingga nyaris mengenai diri saya,” ungkap AKBP Tonny Ananda pada Jumat (23/08/2019).

Anggota KSB yang tewas dalam kontak tembak tersebut masih dalam tahap identifikasi.

AKBP Tonny Ananda mengatakan pihaknya belum mengetahui anggota kelompok sipil bersenjata yang tewas tertembak. Sementara itu, seorang polisi dan seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terluka dalam kejadian tersebut. Mereka kini telah dibawa ke RSUD Wamena, Papua.

“Kontak tembak yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIT itu terjadi saat anggota melakukan patroli di sekitar pasar Jibama, Wamena,” jelas kapolres. (HumasPolri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel