-->

Yoseph Matutina Minta Masyarakat Papua Manfaatkan PON XX Untuk Berinovasi

Yoseph Matutina Minta Masyarakat Papua Manfaatkan PON XX Untuk Berinovasi JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Provinsi Papua berharap masyarakat memanfaatkan momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, untuk berinovasi serta berkreasi dalam meningkatkan perekonomiannya.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua Yoseph Matutina, di Jayapura, kemarin.

Menurut dia, inovasi yang perlu dilakukan, diantaranya berkreasi pada sektor wisata alam, kerajinan cinderamata lokal (noken maupun topi dari burung cenderawasih imitasi) maupun batik Papua, lukisan dari kulit kayu serta lainnya.

Hasil-hasil kerajinan itu, dipastikan bakal menjadi buruan para wisatawan, atlet maupun official yang berkunjung ke Papua saat perhelatan PON XX 2020 tahun depan.

“PON ini kan merupakan peluang yang sangat strategis, sehingga kami harap bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan pemasukan. Namun kita harap hasil kerajinannya memiliki kualitas terbaik dan bisa bersaing dengan produk dari luar daerah,” terangnya.

Sementara jelang PON XX, instansinya dalam waktu dekat akan melakukan promosi wisata pada beberapa  wilayah di Bumi Cenderawasih.

Dipastikan ada  lima obyek wisata Papua yang menarik untuk dikunjungi, yakni Lembah Baliem Wamena, Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Danau Sentani serta Desa Sauwandarek.

Pihaknya pun memastikan bakal menggandeng Pemkab/Pemkot maupun Asosiasi Travel Agen Indonesia (ASITA), Perhimpunan Hotel dan Restoran  Indonesia (PHRI) serta pihak terkait lainnya untuk saling bersinergi membenahi obyek-obyek wisata serta mempromosikannya ke luar daerah.

“Dengan harapan, hal ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan saat PON berlangsung,” terangnya. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel