Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan Patita - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan Patita

Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan PatitaWATMURI, LELEMUKU.COM – Masyarakat Desa Watmuri, Kecamatan Nirunmas, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku mengelar pesta makan patita atau makan bersama dalam rangka panen raya desa atau dikenal dengan nama buka hasil kebun pada Kamis (04/07/2019).

Mewakili Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon, SH., MH, Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Rosias R. Kabalmay, S.Pt., M.Si memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat desa tersebut yang masih menjaga dan mempertahankan tradisi dan budaya yang dinilainya sudah mulai hilang serta bisa menjadi salah satu tujuan wisata menarik dari daerah yang terdiri dari 10 kecamatan tersebut.

“Kalau kita lihat di desa-desa sekitar, khususnya di desa-desa yang sudah dekat dengan kota itu budaya semacam ini sudah hampir punah, sudah hampir hilang. Oleh karena itu atas nama pemda, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada kepala desa, perangkat desa dan seluruh masyarakat Desa Watmuri yang boleh menjaga budaya dan tradisi kita ini untuk tetap ada hingga saat ini,” kata dia saat menyampaikan sambutan.

Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan PatitaSelain itu, ia menilai bahwa sektor pertanian di daerah yang berbatasan langsung dengan Australia itu harusnya menjadi salah satu sektor andalan atau unggulan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan keluarga. Kabalmay pun meminta secara khusus kepada Dinas Pertanian Tanimbar untuk selalu memberikan mendampingan kepada para petani dalam mengembangkan pertaniannya  dari yang sebelumnya dengan cara tradisional ke moderen, yaitu dari penggarapan lahan yang baik, pemilihan pupuk, pengendalihan hama hingga pada pemasaran yang mendatangkan keuntungan lebih  bagi ekonomi keluarga.

“Saya melihat bahwa masyarakat kita ini belum sejahtera sepenuhnya bukan karena kita tidak punya kekayaan alam atau kita tidak punya potensi. Semua itu ada, kita miliki tetapi belum dikelola secara maksimal, maka perlu dilakukan peremajaan, supaya bisa mendapatkan hasilnya secara baik dengan profesional,” pintanya.

Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan PatitaSementara itu, Pejabat Desa Watmuri, Ferry Lakafin mengungkapkan bahwa sebagian besar pekerjaan masyarakat Watmuri adalah sebagai petani, sehingga pihaknya meminta adanya perhatian yang lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar dalam mendukung pekerjaan pertanian masyarakat mulai dari bantuan berupa alat pertanian hingga memasarkan hasil kebun masyarakat.

“Kami minta adanya perhatian pemkab untuk kedepannya dapat memperhatikan masyarakat saya dalam hal memberikan sumbangan-sumbangan lewat pertanian dan secara khusus kepada dinas pertanian agar bisa merubah pola kerja dan bisa menambah hasil kerja dari masyarakat saya untuk bisa memajukan dan mensejahterakan masyarakat Watmuri,” pintanya.

Rayakan Panen Raya Hasil Kebun, Masyarakat Watmuri Gelar Makan PatitaPesta makan patita itu dilaksanakan di 3 Soa diantaranya, Soa Layat dengan kelompok tani yang terdiri dari 18 Kepala Keluarga (KK) dan menghasilkan hampir 2 ton padi, Soa Dabu-dabu dengan kelompok tani berjumlah 41 KK dan menghasilkan hampir 3 ton serta Soa Ayoan dengan jumlah kelompok tani sebanyak 48 KK yang menghasilkan hampir sebanyak 6 ton padi.

Selain Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Masyarakat Rosias R. Kabalmay dan Pejabat Desa Watmuri Ferry Lakafin turut hadir pada kesempatan itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Terpilih Daerah Pemilihan (Dapil) III Jaflaun Batlayeri, SH, Staf Dinas Pertanian, Staf Kecamatan dan perangkat desa serta seluruh masyarakat Desa Watmuri. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...