-->

Nurdin Abdullah Apresiasi 77 Karya Foto Jusuf Kalla dari Timur untuk Indonesia

Nurdin Abdullah Apresiasi 77 Karya Foto Jusuf Kalla dari Timur untuk IndonesiaMAKASSAR, LELEMUKU.COM — Jurnalis foto di Makassar menggelar pameran foto dengan tema: Jusuf Kalla dari Timur untuk Indonesia. Pameran ini menjadi apresiasi jurnalis foto untuk Jusuf Kalla (JK) di Mall Nipah, Senin (15/07/2019).

Pameran yang diperuntukan bagi JK di penghujung masa jabatanya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019. Ada sebanyak 77 karya foto yang dipamerkan di ajang ini.

Dipilihnya 77 foto terbaik hasil lomba dari kategori jurnalis dan umum ini memiliki makna filosofis, yakni jumlah usia dari Wapres JK, pada 15 Mei sudah memasuki usia 77 tahun.

Foto yang dipamerkan adalah foto aktivitasnya selama kurun waktu menjabat sebagai wapres di era Presiden SBY dan Joko Widodo.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengapresiasi kegiatan ini dan juga setelah meninjau menyebutkan foto favoritnya. Yakni foto JK bersama penyandang disabilitas dan foto ini juga meraih sebagai juara pertama kategori jurnalis.

Foto momen saat JK memberikan penghargaan Kick Andy Heroes Spesial Award kepada Sidik, penyandang disablitas yang berjuang melawan nasib sebagai pembuat kerepuk. Foto ini karya fotografer Sumaryanto (@lorobronto).

“Favorit saya yang Pak JK bersama penyandang disabilitas, itu menarik dan itu luar biasa. Ini apresiasi bagi yang mengambil gambar itu,” Kata Nurdin Abdullah.

Pemprov sendiri sebut NA, sangat mengapresiasi para jurnalis foto dengan karya-karya tersebut.

“Ini sebuah karya seni yang luar biasa, mengangkat tema Bapak Jusuf Kalla dari Timur untuk Indonesia, saya kira ini sesuatu yang luar biasa,” sebutnya.

Ia berharap ke depan kegiatan yang dilaksanakan oleh Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar juga menampilkan tokoh-tokoh yang lain termasuk tokoh Sulsel.

Sementara bagi NA, sosok JK adalah sebagai bintang dari timur dan menjadi panutan masyarakat Indonesia.

“Bintang dari timur dan panutan kita semua, dan satu-satunya mungkin sosok (Wapres) yang dengan presiden berbeda,” ujarnya.

Sedangkan Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, juga memiliki foto yang favorit, yakni yakni foto saat JK mengendong cucunya.

“Apresiasi jurnalis, karena dapat menangkap momen tepat, karena tidak semua orang mampu, karena fotografer yang mengambil adalah senang tiasa bersama Pak Wapres sehingga bisa menghasilkan karya yang humanis,” sebutnya.

Salah seorang pemenang yang juga fotonya menjadi sampul foto buku, Hariandi Hafid dengan foto JK mengapai tangan beberapa warga masyarakat menjelaskan proses nemangkap gambar tersebut.

“Alhamdulillah fotonya menjadi sampul buku. Waktu itu, kunjungan Pak JK waktu kunjungan kampanye Pak JK bersama Pak Jokowi di Makassar waktu itu di Lapangan Karebosi, dan saya melihat kerumunan warga yang hendak bersalaman,” paparnya.

Idham Ama selaku Ketua Panitia, menyebutkan ini adalah bentuk apresiasi kepada JK mengambarkan aktivitasnya termasuk saat berada di Kota Makassar.

“77 foto ini sebelumnya kita lombakan, diikuti oleh sekitar 126 fotografer se-Indonesia, kemudian kita seleksi ada 480an foto masuk, kemudian kita pilihlah 77 foto yang terbaik yang kita pamerkan,” jelasnya.

77 foto ini merupakan hasil seleksi dewan juri, termasuk dua dewan juri kehormatan, Menkominfo Rudiantara dan MenPAN-RB Syafruddin.(HumasSulsel)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel