Joice Fatlolon Imbau Masyarakat Tanimbar Konsumsi Makan B2SA - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Joice Fatlolon Imbau Masyarakat Tanimbar Konsumsi Makan B2SA

Joice Fatlolon Imbau Masyarakat Tanimbar Konsumsi Makan B2SASAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Joice Fatlolon Pentury, SP mengimbau seluruh masyarakat Bumi Duan Lolat untuk mengkonsumsi makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Menurutnya Kepulauan Tanimbar sudah dianugerahi dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang kaya akan hasil laut yang beragam dan tanah yang luas untuk bercocok tanam, sehingga dirinya pun meminta para ibu-ibu yang merupakan motor penggerak dalam rumah tangga, secara khusus pengurus PKK harus menjadi contoh untuk sebisa mungkin menyajikan menu yang B2SA kepada anggota keluarga.

“Kita punya ikan banyak tetapi seting kita masak hanya goreng dan bening, padahal banyak hal yang dapat kita lakukan. Diharapkan setiap keluarga dapat mengkonsumsi makanan B2SA yang sesuai dengan kebutuhan gizi dari masing-masing,” kata dia di Saumlaki pada Kamis (11/07/2019).

Joice menyatakan bahwa untuk memperoleh menu yang B2SA tidak harus mengeluarkan biaya besar atau membeli olahan makanan yang mahal, tetapi bagaimana bisa menyajikan makanan yang sama tetapi dihidangkan dengan berbeda untuk meningkatkan nafsu makan dalam keluarga, karena menurutnya nilai gizi yang dibutuhkan setiap orang itu berbeda yang dilihat dari jenis kelamin dan usia.

Ia pun menuturkan jika hal tersebut telah dipraktekkan dirinya sendiri dengan memanfaatkan lahan khusus di pekarangan rumah untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman, seperti sayur-sayuran, tanaman obat keluarga (Toga) dan berbagai jenis bunga untuk menghiasi sekeliling kediaman.

Kemudian Joice pun mengungkapkan prestasi dari TP-PKK Tanimbar yang baru saja diraih yaitu juara II Lomba Cipta Menu di Festival Pangan Lokal (FPL) (B2SA) yang diikuti oleh seluruh TP-PKK seluruh kabupaten dan kota seProvinsi Maluku.

Pada kesempatan itu pihaknya menampilkan olahan menu khas dari Bumi Duan Lolat dengan kategori Lunch Box B2SA, diantaranya nasi kembili, ikan kakap kukus, sup jagung kerang landak laut dan cemilan khas Tanimbar, seperti keripik pisang, ubi, petatas, sukun serta kacang asin dan manis.

“Maksud dari lomba ini adalah supaya bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari kita,” tutupnya. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...