Dinas ESDM Papua Segera Klarifikasi Izin Perakitan Kapal Keruk Emas PT. Jichuan di Nabire - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Dinas ESDM Papua Segera Klarifikasi Izin Perakitan Kapal Keruk Emas PT. Jichuan di Nabire

Dinas ESDM Papua Segera Klarifikasi Izin Perakitan Kapal Keruk Emas PT. Jichuan di NabireJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), segera melakukan klarifikasi mengenai izin eksplorasi, eksploitasi maupun perakitan kapal keruk emas PT. Jichuan di Distrik Siriwo, Kabupaten Nabire.

Hal demikian, berkenaan dengan belum dimilikinya izin perakitan kapal keruk emas untuk perusahaan tersebut.

“Intinya kami dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Papua akan turun ke lapangan secepatnya untuk meninjau langsung ke lokasi pembuatan kapal itu”.

“Rencananya tim pemerintah provinsi turun dengan DPR Papua, yang sekaligus melihat fasilitas milik PT. Jichuan di Nabire,” terang Pelaksana tugas Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Papua, Fred Boray, di Jayapura, Selasa (09/07/2019).

Menurut dia, masalah ini sebelumnya diketahui dari lapora pihak kepolisian yang sebelumnya menghentikan upaya pembuatan kapal keruk milik PT Jichuan asal China di Distrik Siriwo, Kabupaten Nabire.

Kapal itu, diduga bakal dioperasikan untuk menambang emas di sana. Apalagi lokasi perakitan kapal keruk emas di tengah hutan, tepatnya di kilometer 102, Distrik Siriwo.

“Perakitan kapal ini kan ditemukan oleh warga setempat pada awal Juni 2019 lalu. Dimana saat ini lokasi tersebut sudah dipasang garis polisi”.

“Makanya, kami harus segera turun ke lapangan sebab, berita ini sudah viral di tingkat nasional,” terang ia.

Ia pastikan, perakitan kapal tersebut tak ada ijin dari Gubernur Papua. Dengan demikian, kapal itu diduga akan beropasi di Sungai Siriwo dan di wilayah Distrik Topo, dimana kawasan ini, memiliki potensi kandungan emas yang tinggi.

“Untuk itu, kami akan segera ajukan ke Sekda Papua untuk meminta pertimbangan Gubernur Papua terkait peninjauan ke lokasi tersebut. Jika sudah ada petunjuk pimpinan, kami segera turun lapangan,” tutupnya. (DIskominfoPapua)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment

Loading...
loading...