Desa Latdalam Wakili Maluku di Lomba Desa Tingkat Regional IV tahun 2019 - #Lelemuku | Lelemuku.com - Kebanggaan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Desa Latdalam Wakili Maluku di Lomba Desa Tingkat Regional IV tahun 2019

 Desa Latdalam Wakili Maluku di Lomba Desa Tingkat Regional IV tahun 2019LATDALAM, LELEMUKU.COM – Desa Latdalam yang terletak di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku mewakili Maluku untuk mengikuti Lomba Desa Tahun 2019 tingkat regional IV yang terdiri dari wilayah Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.

“Desa Latdalam adalah desa pemenang lomba untuk tingkat provinsi Maluku dan akan diikut sertakan dalam penilaian untuk tingkat regional,” ujar Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanimbar, Joice Fatlolon Pentury, SP kepada Lelemuku.com pada Senin (16/07/2019).

Diketahui pada hari yang sama, ia mendampingi Tim Penilaian Desa Tingkat Regional IV dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintah Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) untuk melakukan penilaian Lomba Desa Tahun 2019 terhadap desa tersebut.

Setibanya di Desa Latdalam, Joice bersama Tim penilaian lomba desa yang terdiri dari Ketua Herie Saksono selaku Peneliti Madya Bidang Bisnis dan Managemen Kemendagri bersama anggotanya Hotnier Sipahutar selaku Ahli Peneliti Utama Bidang Kebijakan Publik, Simon Makarios Arvan selaku Kepala Seksi (kasi) Penugasan Urusan Pemerintahan, Abas Supriyadi selaku Kasi Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah IV B, Sri Wahyu Firman selaku Kasi Evaluasi dan Pelaporan dan Dian Susanty selaku Staf EPD itu langsung disambut meriah oleh seluruh masyarakat desa dengan pengalungan syal tenun ikat Tanimbar dan penampilan yel-yel selamat datang oleh Para Lansia.
 Desa Latdalam Wakili Maluku di Lomba Desa Tingkat Regional IV tahun 2019
Kemudian rombongan dihibur lewat beberapa tarian yang dibawakan oleh para muda-mudi desa tersebut di alun-alun desa, setelah itu acara pembukaan penilaian lomba desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) di Balai Lilimwelat desa, jamuan makan siang bersama dengan menu khas tradisional Bumi Duan Lolat, yaitu bakar batu di salah satu objek wisata Permandian Weturlely.

Selepas itu, tim penilaian lomba desa pun melakukan penilaian desa yang sesuai dengan Peraturan Mendagri RI Nomor 81 Tahun 2015 tentang ‘Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan‘ bertujuan untuk  mengevaluasi tingkat perkembangan desa yang dilihat dalam tiga aspek, diantaranya Aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Penilaian dari aspek pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi Pemdes, keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desa. Aspek kewilayahan meliputi pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah serta aspek bidang kemasyarakatan meliputi keaktifan PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembangunan di desa dan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dalam meningkatkan pendapatan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes).
 Desa Latdalam Wakili Maluku di Lomba Desa Tingkat Regional IV tahun 2019
Selain lomba desa,  sesuai dengan Permendagri tersebut, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri juga menggelar lomba kelurahan untuk penilaian di tingkat kecamatan dilaksanakan pada Minggu keempat bulan April dimana camat melaporkan hasilnya ke Bupati atau Walikota dengan tembusan kepada Gubernur.

Di tingkat kabupaten dilaksanakan pada Minggu kedua hingga keempat bulan Mei dimana Bupati atau Walikota melaporkan hasilnya ke Gubernur dengan tembusan Menteri dan untuk tingkat provinsi dilaksanakan pada Minggu keempat bulan Juni dimana Gubernur melaporkan hasilnya ke Menteri melalui Dirjen Bina Pemdes serta untuk tingkat regional dilaksanakan pada minggu kedua hingga keempat bulan Juli. Kemudian Hasil perlombaan desa dan kelurahan tingkat regional akan dilaporkan oleh Dirjen Bina Pemdes kepada Menteri untuk ditetapkan juara lomba desa dan kelurahan tingkat regional.

Bagi Juara lomba desa dan kelurahan pada tingkat regional akan ditetapkan dengan Keputusan Menteri, diundang pada acara temu karya nasional di Jakarta, mendapatkan penghargaan dan dijadikan sebagai lokasi Labsite di masing-masing regional. (Laura Sobuber)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +6281343199624 / +6285254922161. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Loading...
loading...