-->

Clementina Soengkono Buka Pelatihan LP3 PKK Kota Kupang

Clementina Soengkono Buka Pelatihan LP3 PKK Kota KupangKUPANG, LELEMUKU.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timuur (NTT), Ir. Clementina R. N. Soengkono membuka kegiatan Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK) bagi kader PKK Kota Kupang, di Aula Rumah Jabatan Walikota Kupang pada Rabu (10/07/2019).

Turut hadir pula Wakil Ketua PKK Elisabeth Lies Rengka, SST., Camat Oebobo Matheos A.H.T. Maahury, SE, Camat Maulafa  Lodywik Djungu Lape,S.Sos, serta para Lurah se-Kota Kupang dan para Kader PKK.

Peserta Pelatihan LP3PKK sebanyak 57 orang yang berasal dari 51 Kelurahan se Kota Kupang, dan 6 Kecamatan se Kota Kupang dengan kriteria peserta Ketua/Sekretaris atau Ketua Pokja TP. PKK Kelurahan/Kecamatan yang belum pernah mengikuti Pelatihan LP3PKK, memiliki kemampuan dan kemauan untuk mensosialisasikan materi pelatihan kepala Kader PKK lainnya dan memiliki komitmen untuk mengikuti kegiatan pelatihan secara penuh dari awal sampai akhir kegiatan.

Latihan Pengelolaan dan Program Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3PKK) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan bagi anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan agar mau dan mampu menjadi pembimbing, pengelola dan penyuluh 10 Program Pokok PKK maupun program-program pemerintahan yang erat kaitanya dengan 10 program pokok PKK.

Pelatihan LP3PKK dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman pengurus TP. PKK Kecamatan dan Kelurahan dalam melaksanakan 10 program pokok PKK serta mensinergikan program kerja PKK dengan pemerintah sebagai mitra kerja di wilayah masing-masing. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, mendorong, menyadarkan, dan mengembangkan sikap mental sehingga mendukung pelaksanaan tugas yang tepat pada wilayah kerja masing-masing.

“Pelatihan ini menggunakan pendekatan ‘andragogi’, mengutamakan partisipasi dari peserta. Materi disajikan sebagai penguatan, sedangkan porsi yang lebih besar diberikan dalam bentuk diskusi, penugasan, simulasi dan atau praktik. Semua tugas atau praktik yang diminta oleh Instruktur (baik tugas individual maupun kelompok) harus dipenuhi sebagai bagian dari proses pencapaian kompetensi lulusan, strategi penyampaian materi dilakukan dengan ceramah, simulasi, permainan, diskusi dan tanya jawab, penugasan, presentasi, dan evaluasi” ujar Ketua Panitia Yermiyanti Dima, SE saat menyampaikan laporan panitia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ir. Clementina R. N. Soengkono menyampaikan bahwa PKK hadir dengan program-program kerja yang selaras dengan program pemerintah guna terwujudnya keluarga sejahtera, untuk itu PKK harus mampu meningkatkan kualitasnya baik secara organisasi maupun perorangan berkenan dengan hal itu diperlukan pemantapan pengelolaan gerakan PKK dengan memanfaatkan sumber daya yang lebih berdaya guna. Pelatihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (LP3 PKK) bagi Kader PKK merupakan bagian strategis dari kegiatan PKK karena pelatihan merupakan wadah peningkatan kemampuan dan keterampilan serta berbagai informasi terkait gerakan PKK yang terus menerus mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman.

Ir. Clementina R. N. Soengkono berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling berdiskusi, membangun kerja sama serta mencari solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi. Ir. Clementina R. N. Soengkono mengajak semua yang hadir untuk mendukung program pembangunan yang sudah berjalan di Kota Kupang melalui ide, kritik, dan saran yang konstruktif. “Membangun Kota Kupang bukan merupakan tanggung jawab pemerintah kota semata, namun merupakan tanggung jawab kita semua demi mewujudkan masyarakat Kota Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera” sebelum menutup sambutannya. Hum@s

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel