-->

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil Sejangkung Dampingi Penyaluran Bibit Padi

Sukseskan Ketahanan Pangan, Koramil Sejangkung Dampingi Penyaluran Bibit PadiSAMBAS, LELEMUKU.COM - Babinsa 1202-14/Sejangkung Serda Adi Juhri bersama Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, mendampingi dan mengawal penerimaan bibit padi jenis Inpari 32 kepada 11 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Sejangkung pada Selasa (18/6/19).

Kegiatan berlangsung di Steher Sejangkung, Desa Parit Raja, Kec. Sejangkung, Kab. Sambas  Bantuan dari Kadis Pertanian Kab. Sambas yang akan di distribusikan kepada 11 gabunan kelompok tani dari 10 Desa yang berada di Kec. Sejangkung, dengan total luas lahan 575 Ha dan 14.375 Kg bibit padi jenis Inpari 32. 

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim 1202/Singkawang Letnan Kolonel Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., di Makodim 1202/Skw Jalan Raya Alianyang, Kel. Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang. 

Pada kesempatan tersebut, Dandim menyampaikan, padi Inpari 32 atau biasa di sebuta IR 32, mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelemahan Varietas ini mudah rebah, terutama jika bulir padi setengah bulan hendak panen, padi jenis ini juga jika tertiup angin mudah rebah atau roboh. Dampak rebahnya tanaman padi jelang panen ini terkadang menurunkan kualitas gabah, karena warna gabah menjadi kehitam-hitaman alias tidak kuning mulus. 

Sedangkan kelebihan padi jenis IR 32, emiliki ketahanan terhadap penyakit Hawar daun bakteri strain III, agak tahan terhadap Hawar Daun Bakteri Strain IV, tahan terhadap Blas Ras 033, juga agak tahan terhadap  Tungro, dan agak rentan terhadap wereng coklat biotipe 1, 2, dan 3. Rasa nasi pulen.dengan kadar amilosa 21,8%. 

"Untuk pendistribusian pupuk bersubisidi kepada petani, seluruh anggota Koramil hingga Babinsa dilibatkan dalam pendampingan atau pengawalan penyaluran pupuk hingga ke petani, begitupun pendistribusian lainnya," pungkas Dandim. 

Kegiatan pemberian bibit padi tersebut di hadiri, Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K), Babinsa 1202-14/Sjk, PT Pertani Pontianak dan 11 Gapoktan Sejangkung. (Pendam12)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel