Siaga Bencana, Pemkot Ambon Bentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Bencana - #Lelemuku | Kebanggaan Anak Negeri - Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Siaga Bencana, Pemkot Ambon Bentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Bencana

AMBON, LELEMUKU.COM – Bencana pohon tumbang dan pergeseran tanah yang menimpa Kota Ambon, Provinsi Maluku beberapa hari belakangan, ditanggapi serius oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Dalam Rapat koordinasi yang berlangsung, Jumat (07/06/19), bertempat di ruang rapat lantai 2 Balaikota, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menginstruksikan untuk membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Bencana.

Menurut Walikota, sejauh ini penanganan terhadap bencana yang terjadi, baik berupa pohon tumbang, pergeseran tanah maupun longsor sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas terkait, namun perlu adanya Tim Koordinasi Penanggulangan Bencana (TKPB).

“Tim yang dibentuk beranggotakan dinas terkait dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon yang akan bertugas sesuai bidangnya masing-masing dalam menangani masalah bencana,” kata Walikota.

Dinas terkait yang dimaksud antara lain, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Sosial, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), Dinas Perhubungan (Dishub), Bagian Hukum serta Bagian Umum dan Perlengkapan.

“Penanggung jawab atau koordinator dari tim ini adalah Bapak Sekretaris Kota, Ketua tim adalah Bapak Asisten Perekonomian dan Kesra dan Wakil Ketua tim adalah Kepala BPBD,” terang Walikota.

Menurutnya, tujuan pembentukan tim ini adalah untuk melakukan koordinasi lintas sektoral dari tingkat kota, provinsi hingga pusat.

“Dengan adanya tim ini, diharapkan penanganan bencana semakin lebih cepat, informasi yang akurat dengan segera dapat diberitakan sehingga tidak menimbulkan keresahan ditengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, dalam rapat perdana TKPB yang dipimpin oleh Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays menyampaikan, tim yang sudah dibentuk kiranya dapat bekerja extra dalam menyikapi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang terjadi.

“Kita tidak berharap terjadinya bencana, namun apabila terjadi, baiknya kita dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga bencana yang terjadi dapat segera teratasi,” jelasnya. (DiskominfoSandiAmbon)
loading...
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email: redaksi@lelemuku.com atau whatsapp : +621343199624. Kiriman Berita/video/foto wajib disertai dengan biodata lengkap pengirim dan akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com
Loading...
loading...